Find Us On Social Media :

Abdee Slank Mengaku Tubuhnya Lebih Ringkih Usai Transplantasi Ginjal, Ternyata Obat Ini Penyebabnya!

Abdee Slank ceritakan kondisi tubuhnya sekarang

GridHEALTH.id - Gitaris Slank Abdee Negara (50) mengatakan bahwa kondisi tubuhnya kini lebih ringkih, lantaran penyakit yang kini ia derita.

Setelah melakukan transplantasi ginjal pada 2016 lalu, Abdee mengaku lebih mudah terserang penyakit, salah satunya vertigo yang sering ia rasakan.

"Sekarang lagi kena flu, kemarin habis shooting sama Slank, ada yang batuk tiba-tiba saya langsung kena (tertular), cepat banget," ucap Abdee pada Jumat (1/3/2019), melansir Kompas.com.

Baca Juga : Konsumsi Timun Ternyata Bisa Turunkan Kadar Gula Darah, Cari Harus Tahu Aturan Makannya

Abdee mengatakan, masa pemulihan pasca-transplantasi ginjal juga membuatnya harus ekstra hati-hati dalam mengonsumsi makanan.

"Kan antibodinya (badan Abdee) harus diturunkan agar ginjal barunya enggak di-reject sama tubuh kita, antibodinya harus diturunkan pakai obat," ujar Abdee.

"Nah selama antibodi masih turun, harus hati-hati jangan sampai kena virus, bakteri, makanan juga harus dijaga," sambungnya.

Bahkan, pria kelahiran Donggala, Sulawesi Tengah ini baru benar-benar bisa mengikuti kegiatan Slank apabila kondisi fisiknya memungkinkan.

"Kalau vertigonya lagi ringan saya bisa ikut main (manggung), tapi kalau lagi berat, enggak bisa ikut, jadi saya enggak bisa tur (bareng Slank)," ujarnya lagi.

Kalaupun dirinya bisa ikut, Abdee mengatakan, biasanya berbagai perlengkapan dirinya sudah disiapkan terlebih dahulu oleh para kru.