Find Us On Social Media :

Tak Ada Tim Penyelamat, 3 Pendaki Gunung Tampomas Meninggal Akibat Kedinginan

Tak Ada Tim Penyelamat, 3 Pendaki Gunung Tampomas Meninggal Akibat Kedinginan

GridHEALTH.id - Sebuah insiden pendakian terjadi lagi di salah satu gunung yang terletak di kawasan Sumedang, Jawa Barat pada Minggu (3/3/2019) siang.

Dinyatakan 3 pendaki Gununng Tampomas meninggal akibat kedinginan setelah diguyur hujan sejak Sabtu (2/3/2019) siang, dikutip Kompas.com.

Baca Juga : Cuaca Dingin Sebabkan Gangguan Jantung dan Paru-paru, Benarkah?

Diketahui, 3 pendaki Gunung Tampomas ini merupakan pendaki pemula, hal ini terlihat mereka tidak membawa perlengkapan safety seperti umunya pendaki dan tak ada tim penyelamat di kawasan Gunung Tampomas.

"Informasi yang kami terima, tiga pendaki ini pemula. Itu terlihat karena mereka tidak membawa perlengkapan safety layaknya pendaki. Tiga korban katanya terbujur kaku di dalam tenda. Kami menduga mereka kedinginan karena hujan mengguyur sejak Sabtu siang," ujar Ridwan Feri Permana, ketua Komunitas Pecinta Alam SCBR Sumedang.

Kedingan saat mendaki memang kerap terjadi, apalagi bagi para pendaki pemula yang belum mengetahui medan dan kondisi alam di sekitar gunung.

Tak hanya pendaki pemula, para pendaki yang sudah terbiasa dengan suhu di atas gunung pun dapat terserang kedinginan atau hipotermia.

Baca Juga : Ibu Mertua Syahrini Berparas Cantik Awet Muda, Ternyata Ini Rahasia Kecantikan Kuno Ala Jepang!

Melansir dari Mayo Clinic, hipotermia merupakan kondisi yang terjadi akibat tubuh kehilangan panas lebih cepat dan suhu tubuh turun di bawah 35 °C.