Find Us On Social Media :

Jangan Sembarangan Minum Obat, Alergi dan Sinusitis Berbeda!

GridHEALTH.id - Sering alami hidung tersumbat sekaligus sakit kepala bisa juga tanda kita mengalami gejala alergi atau sinusitis.

Baca Juga : Penyebab dan Pengobatan Alergi Makanan, Tiap Waktu dan Individu Berbeda

Ciri awal alergi dan sinusitis memang kerap sekali sulit dibedakan. Alergi dan sinusitis memang mirip, yaitu sama-sama menyebabkan hidung tersumbat dan sakit kepala.

Salah minum obat bukan cuma bikin penyakit tak kunjung sembuh, tapi juga bisa memperparah penyakit itu sendiri.  Supaya ini tidak terjadi, berikut cara membedakan reaksi alergi dan sinusitis.

1. Penyebab

Hidung tersumbat karena alergi disebabkan oleh masuknya alergen yang membuat sistem kekebalan tubuh bereaksi secara berlebihan.

Alergen tersebut dapat berupa serbuk sari, debu, atau bulu hewan peliharaan.

Ketika ada alergen tertentu yang terhirup dan masuk ke dalam tubuh, sistem kekebalan tubuh kita akan melepaskan zat kimia yang disebut dengan histamin.

Histamin ini kemudian memerintahkan tubuh untuk melawan alergen. Hal inilah yang memunculkan reaksi atau gejala alergi, yaitu hidung gatal, hidung tersumbat, hingga bersin-bersin.

Sementara itu, sinusitis terjadi ketika saluran hidung kita mengalami infeksi dan meradang.Kondisi ini seringnya disebabkan oleh infeksi bakteri, virus, atau jamur.

Baca Juga : Kualitas Tidur Penting Diperhatikan, Tidur Akhir Pekan Tak Cukup Gantikan Kurang Tidur Malam

Ketika saluran dan rongga hidung meradang, produksi lendir di dalam hidung akan menumpuk dan menghalangi aliran udara.