Find Us On Social Media :

Teether Untuk Bayi yang Suka Gigit-gigit, Bermanfaat Untuk Kesehatan Gigi dan Gusi

Teether bermanfaat untuk kesehatan gigi dan gusi bayi

GridHEALTH.id - Daripada hidung atau jari kita yang jadi sasaran gigitan bayi, lebih baik berikan teether. Ada cara memilihnya, lo!

Gigit-gigitan bayi, begitu orang banyak menyebut benda kecil yang umumnya terbuat dari karet ini.

Baca Juga : Tips Memilih Teether Saat Fase Oral, Bisa Sekaligus Menstimulasi

Fungsinya yang utama tentu sebagai media perangsang pertumbuhan gigi bayi juga menyehatkan gusi. Nama resminya, teether. Sementara fungsi lainnya adalah mainan.

Bentuknya yang melengkung, dapat digenggam, dan kaya akan warna tergolong aman bagi si kecil.

Lantaran itulah teether juga bisa berguna dalam merangsang keterampilan motorik halus karena dapat melatih kemampuan bayi menjumput, mengenggam dan menggoyang-goyang.

Mengapa teether bermanfaat dalam proses pertumbuh gigi bayi?

Menurut drg. Fauziah SpKGA., Bagian Ilmu Kedokteran Gigi Anak, Fakultas Kedokteran Gigi Universitas Indonesia, memasuki usia 4–6 bulan, umumnya bayi mendapatkan gigi susu pertamanya. Nah, saat ini merupakan masa-masa yang tidak mengenakkan bagi bayi, karena gigi susu tengah mendesak jaringan gusi. Rasanya bertingkat dari tak nyaman hingga nyeri.

Baca Juga : Ketiak Sering Terasa Sakit? Bisa Jadi Ada Ancaman Kesehatan Serius

Namun, bukan karena gusi terluka oleh gigi, melainkan karena ada sel-sel di gusi yang mati dan memisahkan diri agar gigi dapat muncul keluar.

Nah, akibat proses dalam gusi inilah perilaku bayi kadang berubah. Ada yang menjadi demam, sulit tidur, ngeces berlebihan, dan beberapa bayi menjadi senang menggigit-gigit apa saja yang ada di dekatnya.

Dengan menggigit-gigit sesuatu, bayi dapat “melupakan”’ rasa tidak nyaman di mulutnya. Untuk itulah, teether dirancang.