Find Us On Social Media :

Penyebab Kaki Bengkak, Dari yang Sepele Hingga Perlu Penanganan Dokter

Kaki bengkak dipengaruhi oleh kondisi kesehatan atau duduk terlalu lama.

GridHEALTH.id-  Dalam ilmu medis, kaki bengkak biasanya disebabkan oleh edema atau adanya penumpukan cairan pada tubuh, tepatnya di kaki.

Baca Juga : Jempol Bengkak dan Bernanah, Berikut Ini 6 Hal Penyebab Cantengan

Kaki bengkak dipengaruhi oleh kondisi kesehatan seseorang. Penderita penyakit ginjal dan jantung umumnya akan mengalami pembengkakan kaki. Duduk terlalu lama juga bisa menyebabkan pembengkakan pada kaki.

Bila karena duduk lama, biasanya kaki bengkak akan hilang bila kita kembali berjalan-jalan. Jadi hal ini bukanlah masalah besar dan harus berkonsultasi ke dokter. Namun pada kondisi tertentu, kita harus mencari solusi kaki bengkak ini dengan bantuan dokter.

"Laporkan gejala ini ke dokter bila terdapat banyak pembengkakan yang meninggalkan bekas ketika kita menekannya, atau bila hal tersebut muncul secara tiba-tiba, bertahan hingga beberapa hari, hanya terjadi pada salah satu kaki, atau jika disertai sakit atau perubahan warna di kaki," jelas Dr. James Ioli dari Harvard-affiliated Brigham dan Women's Hospital.

Dilansir dari Boldsky, berikut sejumlah masalah yang jadi penyebab munculnya bengkak di kaki.

Baca Juga : Survei Membuktikan, Ternyata Milenial Sering Ketiduran di Tempat Kerja!

1. Kurang beraktivitas

Duduk terlalu lama dapat mengurangi aliran darah pada bagian tersebut sehingga menyebabkan pembengkakan. Berdiri terlalu lama juga dapat membuat otot di kaki mengalami aliran darah yang melambat.

Bergerak merupakan salah satu hal yang penting terhadap kesehatan tubuh sehari-hari. Kekurangan gerak baik karena terlalu banyak duduk atau berdiri dapat berakibat buruk pada kaki.