Find Us On Social Media :

Belum Banyak Tahu, Manfaat Jamur Ternyata Bisa Cegah Kepikunan

Manfaat jamur bila dikonsumsi secara rutin di antaranya dapat mencegah kepikunan.

GridHEALTH.id- Berbahagialah mereka yang suka makan jamur.  Ini ada kabar baik, sebuah studi baru menemukan bahwa  beberapa jamur yang jadi favorit untuk dikonsumsi  memiliki kandungan antioksidan yang tinggi yang berhubungan dengan manfaat mencegah penurunan fungsi otak yang berkaitan dengan kepikunan.

Baca Juga : Selain Sumber Protein Hewani, Telur Cegah Pikun dan Penurunan Kognitif

Asal tahu saja, jamur merupakan salah satu bahan makanan yang mudah diperoleh serta memiliki rasa yang lezat.

Terdapat sejumlah jamur yang beracun namun sebagian lainnya bisa dikonsumsi dan memiliki manfaat kesehatan yang luar biasa.

Dilansir dari NY Post, diketahui bahwa manfaat jamur ternyata bagus untuk kesehatan otak. Disebut bahwa risiko penurunan fungsi otak pada usia tua menurun hingga 50% ketika mengonsumsi jamur.

Hasil penelitian ini sendiri didapat dari data NUS Yong Loo Lin School of Medicine, seperti dikutip dari penelitian tersebut.

Peneliti dari Departemen Pengobatan Psikologikal dan Departemen Biokimia mengatakan bahwa untuk mendapatkan manfaat jamur, dua porsi standard jamur (sekitar 300 gram) setiap minggu dapat menurunkan risiko munculnya gangguan kognitif ringan hingga setengahnya.

Baca Juga : Menginginkan Bayi Aman Tidur Dengan Orangtua? Ini Syarat-syaratnya

Penderita gangguan kognitif ringan diketahui memiliki tingkat asam amino bernama ergothioneine (ET) yang rendah.