Find Us On Social Media :

Pembunuh Besar Manusia Bukan Merokok Tapi Makanan yang Dikonsumsi Sehari-hari, Diet Apalagi

Makanan menjadi faktor kematian jutaan orang di dunia setiap tahunnya

GridHEALTH.id - Sebuah penelitan baru membuat banyak pakar kesehatan, apalagi mereka yang berkecimpung dalam urusan diet tercengang

Hasil penelitian tersebut menunjukkan makanan merupakan salah satu faktor yang membuat jutaan orang di seluruh dunia meninggal setiap tahunnya.

Analisis yang diterbitkan dalam jurnal Inggris, The Lancet menemukan, makanan sehari-hari yang kita konsumsi adalah pembunuh yang lebih besar daripada merokok.

Penelitian yang diterbitkan pada Rabu (3/4/2019) kemarin menyimpulkan seperlima dari kematian seluruh dunia berkaitan dengan teknik diet yang buruk.

Diet, tidak selalu tentang mengurangi kalori untuk menurunkan berat badan, namun pengaturan pola dan konsumsi makanan serta minuman.

Baca Juga : Tak Perlu Bedah Tengkorak, Tumor Otak Kini Bisa Ditangai Melalui Alis & Tak Tinggalkan Bekas Jahitan!

Diet buruk dalam penelitian ini berarti, mereka yang kekurangan sayuran segar, biji-bijian dan kacang-kacangan tetapi justru benyak mengonsumsi makanan yang tinggi gula, garam dan lemak trans.

Pada 2017, diet buruk seperti ini membuat 11 juta kematian yang sebenarnya bisa dihindari, kata para peneliti.

Kematian tersebut terbagi menjadi sekitar 10 juta kematian disebabkan oleh penyakit kardiovaskular atau penyakit jantung.

Selanjutnya, sebanyak 913.000 kematian disebabkan oleh kanker dan 339.000 kematian penyebabnya adalah diabetes tipe 2.

"Angka-angka ini sangat mengejutkan," kata Dr. Francesco Branca, ahli gizi terkemuka di Organisasi Kesehatan Dunia (WHO), yang tidak terlibat dalam penelitian ini.