Find Us On Social Media :

Dijamin Sehat, Ini Menu Buka dan Sahur yang Direkomendasikan Oleh Ahli Nutrisi Selama Puasa

Menu buka dan sahur yang direkomendasikan oleh pakar selama puasa

GridHEALTH.id - Selama jam-jam puasa ketika tidak ada makanan atau minuman yang dikonsumsi, tubuh menggunakan simpanan karbohidrat serta lemak untuk memberikan energi.

Umumnya, karbohidrat serta lemak ini disimpan di hati dan otot.

Baca Juga : Sahur Boleh Minum Air Putih Saja? Ini Jawaban Secara Agama dan Medis

Ketika semua kalori dari makanan yang dikonsumsi pada malam hari telah habis, maka saat puasa tubuh secara langsung akan menggantinya dengan cadangan karbohidrat tersebut.

Selama puasa tubuh tidak dapat menyimpan air, sehingga ginjal sebisa mungkin menghemat air sebanyak mungkin dengan mengurangi jumlah yang hilang dalam urine.

Tapi mineral di dalam tubuh tidak hilang melalui urine saja, keringat juga bisa membuat kadar air di dalam tubuh berkurang.

Oleh karena itu, selama puasa disarankan untuk mengonsumsi banyak cairan serta makan-makanan yang baik untuk menjaga ketahanan tubuh saat berpuasa di siang hari.

Berikut beberapa menu buka dan sahur selama puasa yang direkomendasikan oleh pakar, melansir nutrition.org

Baca Juga : Cinta Penelope Terkena Kanker Stadium 3, Jalani Transplantasi Stem Cell Untuk Penyembuhannya, Beda dengan Ibu Ani Yudhoyono

 

Buka puasa

Menu buka puasa sebaiknya makanan atau minuman yang dapat mengembalikan cairan tubuh, rendah lemak dan makanan yang mengandung beberapa gula alami untuk mengembalikan energi.

Namun bukan berarti harus mengonsumsi makanan atau minuman dengan tambahan gula.