Find Us On Social Media :

Orangtua Wajib Tahu, ASI dan Suplemen Tak Dapat Menggantikan Imunisasi

Ikatan Dokter Anak Indonesia (IDAI) mengatakan, asi dan suplemen tak dapat menggantikan imunisasi.

GridHEALTH.id -  Imunisasi atau pemberian vaksin merupakan salah satu upaya untuk meningkatkan kekebalan tubuh terhadap suatu penyakit. Imunisasi sangat penting bagi semua anak.

Baca Juga : Imunisasi HIB Wajib Sesuai Jadwal Agar Bayi Terhindar Radang Otak

World Health Organization (WHO) mendefinisikan imunisasi sebagai proses di mana seseorang menjadi kebal atau resisten terhadap penyakit menular.

Sayangnya, masih banyak orangtua yang enggan anaknya diimunisasi dengan berbagai alasan. Padahal seharusnya tidak boleh ada ayah-ibu yang melarang pemberian vaksin pada anak karena pemberian dan penyelenggaraan imunisasi telah diatur dalam Peraturan Menteri Kesehatan Nomer 42 tahun 2013.
 
Laman resmi Ikatakan Dokter Anak Indonesia (IDAI) juga menjelaskan apabila anak tidak mendapatkan imunisasi secara lengkap, maka tubuhnya tidak memiliki sistem kekebalan tubuh yang spesifik dalam penyakit-penyakit tertentu.
 
Lantas  anak yang tidak diimunisasi akan menyebarkan kuman-kuman tersebut ke adik atau kakaknya yang juga belum diimunisasi secara lengkap.
 
Apabila wabah penyakit ini menyebar ke mana-mana, maka akan menyebabkan sakit bahkan kematian pada banyak anak.
Baca Juga : Aturan Minum di Saat Puasa Agar Tak Dehidrasi
 
Artinya, keputusan orangtua untuk tidak memberi anaknya imunisasi membahayakan tidak hanya anaknya sendiri tapi juga anak-anak orang lain di sekitarnya.