Find Us On Social Media :

Pemilu 2019, Sejumlah Petugas Meninggal, Ini Risiko Akibat Kelelahan!

Sejumlah petugas KPPS dan polisi meninggal akibat kelelahan.

GridHEALTH.id - Ternyata di balik penyelenggaraan pemilu capres dan cawapres untuk periode 2019 hingga 2024 ini menyisakan duka bagi sejumlah orang.

Sebanyak 12 petugas kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS) di Jawa Barat gugur saat menjalankan tugasnya.

Sejumlah petugas KPPS tersebut tersebar dari 9 kota atau kabupaten di Jawa Barat.

Baca Juga : Sandiaga Uno Terlihat Lesu Saat Dampingi Prabowo, Pernyataan Pakar Mikro Ekspresi Dibantah & Disebut Cawapres Sedang Sakit Ini

“Ada 12 orang di 9 kota/kabupaten di Jawa barat,” kata ketua KPU Jabar Rifqi Ali Mubarok yang dihubungi Kompas.com, Jumat (19/4/2019).Sebagian besar penyebab meninggalnya para petugas ini adalah karena kelelahan. Sedangkan beberapa lainnya mengalami kecelakaan lalu lintas.

Tidak hanya itu, sebanyak 9 anggota Polri pun gugur saat melaksanakan pengamanan di TPS dan setelah perhitungan suara berakhir.

Kepala Biro Penerangan Masyarakat Polri Brigjen Pol Dedi Prasetyo mengatakan para anggota Polri yang meninggal dunia saat bertugas mengawal Pemilu 2019 akan dinaikkan pangkatnya setingkat lebih tinggi.

"Semua Almarhum dinaikkan pangkatnya setingkat lebih tinggi. Termasuk Brigjenpol Syaiful Zahri menjadi Irjenpol," ujar Dedi.

Sama seperti kebanyakan petugas KPPS, sebagian besar anggota Polri yang gugur juga diduga meninggal akibat kelelahan selama bertugas.