Find Us On Social Media :

Belut Angulas Mahalnya Selangit, Tapi Zat Arginin di Dalamnya Mampu Cegah Kanker Payudara!

Zat arginin dalam makanan sehat belut Angulas mampu cegah kanker payudara.

GridHEALTH.id - Angulas, sejenis belut kecil, sedang naik daun karena setelah diteliti mempunyai banyak khasiat dari kandungan gizinya.

Asal tahu saja, bagi warga Negara Spanyol, Angulas adalah permata. Alasannya karena harga Angulas kini bisa mencapai 1.000 euro atau setara Rp17 juta.

Baca Juga : Pantas Harga Angulas yang Tadinya Hanya Makanan Babi dan Ayam Kini Tembus Rp17 Juta, Manfaatnya Untuk Obat dan Kecantikan

Padahal tadinya Angulas hanya dijadikan pakan ayam dan atau babi. Kalaupun dimakan manusia, hanya untuk para pekerja kasar kelas bawah.

Tapi kini siapa sangka Angulas disajikan di restoran-restoran yang cenderung mewah dengan harga fantasti.

Tentang manfaat belut, hasil penelitian di Indonesia pun menemukan hal yang sama tentang kandungan gizinya.

Dikutip dari jurnal ejournal.undip.ac.id, ditemukan bahwa belut di Indonesia ternyata memiliki rasa yang enak dan kandungan gizi yang luar biasa.

Dalam jurnal tersebut dengan judul Nutritional Content of Wildand CulturedEel (Anguilla bicolor) from Southern Coast of Central Java, disampaikan, belut dipercaya memiliki manfaat kesehatan yang sangat baik untuk menyembuhkan berbagai penyakit.

Belut terbukti tinggi proteinnya, kalsium, lemak tak jenuh, arginin, fosfor, zat besi, vitamin A dan vitamin E, dan EPA dan DHA, dan masih banyak lagi lainnya.

Baca Juga : Ingin Tahu? Begini Cara Sosial Media Merusak Mental Seseorang!

Diketahui belut memiliki kadar protein, lemak dan vitamin A yang tinggi. Kandungan protein eelin Koreahad 16,6 hingga 7,70%; kadar lemak dari 10,85 hingga 19,44%; Vitamin A 400-1600mg.100g-1; dan Vitamin E dari 0,5 hingga 5,5 mg. 100 g-1 berat kering (Seo et al., 2013).