Find Us On Social Media :

Mencuci Ayam Sebelum Dimasak Tidak Dianjurkan, Ini Jenis Bakteri Yang Bisa Muncul

Jangan pernah mencuci ayam mentah, akibatnya bisa fatal!

GridHEALTH.id - Para ibu yang gemar memasak ayam dan selalu mencuci ayam sebelum dimasak, mungkin harus memikirkan hal ini kembali.

Baca Juga: Masih Makan Daging Ayam Seperti Ini? Waspada 4 Penyakit Kronis Membayangi!

Sebabnya, para ahli kesehatan makanan ternyata malah tidak menyarankan hal ini dilakukan mengingat mencuci ayam sebelum dimasak dapat meningkatkan penyebaran bakteri dan kemungkinan terkontaminasi.

Seperti dilansir dari Reader's Digest, sebagian orang berpikir bahwa mencuci ayam akan menghilangkan bakteri atau lendir ayam. Asumsi bahwa ayam mentah memiliki banyak bakteri melekat memang benar tapi mencucinya tidak dapat melawan bakteri tersebut.

Menurut Centers for Disease Control and Prevention, mencuci ayam justru dapat memperburuk masalah tersebut karena air yang mengalir dan percikannya dapat menyebarkan bakteri ke area mencuci ayam bahkan pakaian.

United States Department of Agriculture (USDA) mengatakan bahwa satu-satunya cara pasti untuk mengeleminasi bakteri adalah dengan memasak ayam pada temperatur yang tepat.

Baca Juga: Penderita Diabetes Disarankan Makan Paprika Setiap Hari, Ini Alasannya

Aturan ini juga berlaku ke daging maupun ikan. Temperatur yang tepat untuk memasak ayam adalah di atas 165 derajat Farenheit atau setara 73 derajat Celsius.