Find Us On Social Media :

Libur Lebaran, Belasan Wisatawan Tersengat Ubur-Ubur di Pantai Karanghawu, Ini Cara Menetralisir Racunnya

Meski terlihat indah, racun ubur-ubur dapat menggangu kesehatan kulit, bahkan kematian pada manusia. hewan paling mematikan

GridHEALTH.id - Wisatawan yang tengah asyik berenang di Pantai Karanghawu, Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat diserang ubur-ubur. Akibatnya belasan pengunjung terkena sengat dan keracunan.

Baca Juga: Siapa Sangka, Empat Jenis Racun Bisa Jadi Obat Jantung dan Kanker

"Dari laporan yang masuk ada 11 wisatawan yang disengat ubur-ubur, seluruh korban langsung mendapatkan penanganan medis di lokasi untuk mencegah racunnya menyebar ke seluruh tubuh," kata Kepala Satuan Polisi Perairan dan Udara (Satpol Airud) Polres Sukabumi, AKP Amran Kusnandar seperti  dikutip dari Antara, Minggu (9/6).

Informasi yang dihimpun, ubur-ubur tersebut ke pantai terbawa oleh arus laut dan angin.

Biasanya hewan tanpa tulang belakang ini muncul saat kondisi air laut dingin, sehingga saat pasang mereka terbawa ke pantai dan surut binatang beracun ini terdampar di pasir.

Menurut Amran, seluruh korban yang disengat ubur-ubur tersebut langsung dibawa ke Posko Pengamanan Karanghawu di Kecamatan Cisolok untuk mendapatkan penanganan medis. Seluruhnya sudah diberikan obat dan kondisinya korban membaik.

Baca Juga: Kaki Bengkak Pulang Pergi Mudik Lebaran, Berisiko Kematian Mendadak Bila Tak Diatasi

Antisipasi kembali jatuhnya korban akibat disengat ubur-ubur tim medis disiagakan di lokasi dan ikut memantau aktivitas wisatawan, apalagi saat ini jumlah pengunjung membludak dan bisa saja ada lagi yang terkena sengatan.

Sekilas hewan ubur-ubur terlihat mirip seperti agar-agar yang terlihat tidak berbahaya. Padahal, kena sengatan ubur-ubur bisa menyakitkan.