Find Us On Social Media :

Termasuk Golongan Pelit? Hati-hati, Ternyata Ini Dampaknya Bagi Kesehatan!

Bahayanya buat kesehatan, sifat pelit dan tak mau berbagi bisa menyebabkan penyakit stres.

GridHEALTH.id - Pelit atau kikir, termasuk salah satu sifat negatif yang dibenci lingkungan sosial karena susah untuk berbagi.

Baca Juga: Uang dan Pekerjaan, Ini Alasan Orang Menekan Tombol Alarm Agar Bisa Bangun di Pagi Hari

Sifat ini mendorong seseorang untuk menumpuk harta tanpa pernah mau memerhatikan nasib saudaranya. Dia tidak peduli dengan kondisi orang lain, yang penting dia sendiri bahagia, syukur-syukur bisa kaya.

Pelit berbeda dengan hemat. Dengan berhemat, kita bisa membiasakan diri untuk hidup sederhana dan berusaha mengendalikan nafsu, pasalnya dengan didasari rasa hemat maka tak segala keinginan akan dengan mudah dipenuhi, pemborosan akan menjadi satu alasan dalam mempertimbangkan segala hal.

Namun orang yang berhemat masih sudi berbagi, terutama bila ada rezeki atau memang sudah menyisihkan sebagian apa yang diperolehnya untuk berbagi kepada orang lain.

Sebaliknya, seperti telah disebutkan di atas, pelit atau kikir, adalah kesukaan seseorang menumpuk harta tanpa mau berbagi.

Mungkin banyak yang mengira sifat pelit hanya masalah pribadi seseorang. Dampaknya hanya dirasakan oleh orang yang bersangkutan.

Baca Juga: Keracunan Buah Leci, 31 Anak di India yang Awalnya Sehat Langsung Meninggal Karena Radang Otak

Padahal tidak. Sifat pelit membawa bahaya besar bukan hanya pada kehidupan pribadi. Masyarakat juga bisa terkena dampak sifat kikir seseorang.