Find Us On Social Media :

Hanya Kurangi Porsi Makan Tak Efektif Turunkan Berat Badan, Apa yang Dimakan Lebih Menjanjikan Jadi Langsing

Diet yang benar bukan sekadar mengurangi porsi makan tapi juga memerhatikan apa yang dimakan.

GridHEALTH.id - Aturan yang selama ini berlaku dalam mengurangi berat badan adalah mengurangi porsi makan, rutin berolah raga, dan berharap bobot tubuh berkurang.

Baca Juga: Diet Gagal Akibat 5 Kesalahan Gaya Hidup yang Memperlambat Metabolisme

Memang venar adanya bahwa olah raga dapat memberikan dampak yang signifikan dalam penurunan berat badan tetapi tidak dengan porsi makan.

Penelitian baru-baru ini menunjukan bahwa porsi makanan dan berat badan tak berkaitan langsung.

Jurnal yang dipublikasikan American Medical Association mengemukakan bahwa porsi makan yang lebih sedikit dan pemangkasan asupan kalori tidak begitu signifikan dalam diet.

Tetapi, penelitian ini menyarankan untuk memangkas asupan biji-bijian olahan, makanan olahan, dan makanan dengan pemanis agar lebih mudah menurunkan berat badan.

Saat kita hanya fokus pada pengurangan asupan, tanpa melihat apa yang dimakan, maka pengurangan jumlah kalori tidak berpengaruh.

Penelitian utama yang dikepalai oleh Christopher D. Gardner, pengarah ilmu nutrisi di Stanford Prevention Research Center, menilai 600 orang partisipan.

Baca Juga: Fenomena 'Serangan Fajar' Gula Darah Naik di Pagi Hari Bukan Berita Bagus Buat Penderita Diabetes, Ini Solusinya

Para peserta dibagi menjadi 2 grup berdasarkan pola makan, yaitu makanan sehat rendah karbo dan makanan sehat rendah lemak.