Find Us On Social Media :

Ini Dia 4 Tanda Jantung Bermasalah, Segera Lakukan Pemeriksaan

Jika jantung tidak bisa berfungsi dengan baik, maka seluruh organ tubuh akan berhenti beroperasi dan bisa menyebabkan kematian.

GridHEALTH.id - Sudah banyak yang tahu bahwa jantung merupakan organ vital tubuh yang berfungsi untuk mengalirkan semua darah serta menyaring darah yang kotor.

Baca Juga: Ini Alasannya Mengapa Perlu Pemeriksaan Jantung Lewat EKG Secara Rutin

Jika jantung tidak bisa berfungsi dengan baik, maka seluruh organ tubuh akan berhenti beroperasi dan bisa menyebabkan kematian.

Masalahnya, di tengah gaya hidup yang tidak sehat seperti sekarang ini, muncul beragam penyakit jantung yang membahayakan seperti penyakit arteri koroner yang menyebabkan infark miokard atau yang umum dikenal dengan sebutan serangan jantung yang bisa berakhir dengan kematian.

Belum lagi ada pula gagal jantung, penyakit katup jantung, penyakit pembuluh darah, hingga masalah jantung bawaan. Semuanya berisiko pada maut. Lantas, bagaimana cara mendeteksi penyakit tersebut sejak dini? Dilansir dari Journal of American College of Cardiology, kita dapat memerhatikan apakah jantung kita bekerja dengan baik atau tidak lewat tanda-tanda berikut;

Baca Juga: Waspada, Menurut Studi Pasangan yang Suka Selfie Bareng Ternyata Rentan Perceraian!

- Saat kita merasa nyeri di dada disertai dengan rasa berat saat bernapas. Sayangnya banyak orang yang keliru bahwa ini adalah sakit maag.

Rasa nyeri ini disertai pula dengan kesulitan bernapas, jantung berdebar, pusing, keringat, dan mual.