Find Us On Social Media :

Wanita Tidur Mendengkur, Selain Bikin Suami Protes Ternyata Juga Ada Bahayanya

Kebiasaan tidur mendengkur pada wanita ternyata bisa picu serangan jantung, ini kata pakar

GridHEALTH.id -  Wanita yang tidur mendengkur perlu mewaspadai kebiasaan ini mengingat bahayanya bagi kesehatan.

Baca Juga: Tidur Mendengkur Saat Hamil Ternyata Berisiko Bagi Kesehatan Janin

"Tentu saja yang dimaksud di sini bukanlah mengenai bahaya dalam suara yang dikeluarkannya, sebuah penelitian di Inggris menyebut bahwa wanita yang mendengkur lebih rentan mengalami masalah pada jantung " ujar Dr. Adrian Curta dari Munich University Hospital.

"Wanita menunjukkan perubahan yang berbeda pada jantung. Hal yang mungkin dari terjadinya hal ini adalah karena wanita yang mengidap obstructive sleep apnea (OSA) lebih rentan pada perubahan pada jantung mereka," sambungnya dikutip dari Medical News Today.

Dengkuran yang keras menjadi salah satu tanda utama pada gejala OSA. Penyakit ini sendiri ditandai berupa berhentinya napas untuk sementara waktu yang kemudian diikuti oleh kondisi terengah-engah.

Gangguan tidur ini juga menjadi salah satu penyebab masalah kesehatan yang serius seperti tekanan darah tinggi, serangan jantung, dan metabolisme gula darah yang rendah.

Penanganannya tergantung dari penyebabnya dan dapat berupa operasi atau penggunaan mesin tertentu ketika tidur.

Baca Juga: Penyebab Insomnia yang Tidak Disadari, Bisa Berujung Kematian Jika Tak Ditangani

Dari penelitian yang dilakukan oleh Dr. Curta diketahui bahwa baik pada pria atau wanita yang mengalami gangguan tidur serta mendengkur terdapat satu persamaan.