Find Us On Social Media :

Jalan Sehat Untuk Kesehatan Ginjal, Cukup 30 Menit Setiap Hari

Jalan sehat untuk kesehatan ginjal secara teratur bisa membantu pasien penyakit ginjal untuk hidup lebih lama.

 

GridHEALTH.id - Penyakit ginjal adalah gangguan yang terjadi pada organ ginjal, yaitu dua buah organ berbentuk seperti kacang merah yang berada di kedua sisi tubuh bagian punggung bawah, tepatnya di bawah tulang rusuk.

Baca Juga: Wow, Sering Berhubungan Intim Ternyata Bisa Keluarkan Batu Ginjal!

Gangguan pada ginjal akan memengaruhi kinerja tubuh dalam mencuci darah, yaitu menyaring limbah tubuh dan cairan berlebih yang akan menjadi urine. Makanya amat disarankan pasien melakukan jalan sehat untuk kesehatan ginjal.

Secara lebih spesifik, ginjal memiliki beberapa fungsi penting, antara lain menyaring limbah tubuh (termasuk zat kimia, obat-obatan, dan makanan) dalam darah.

Ginjal juga menjaga keseimbangan kadar garam, mineral, cairan, dan asam darah dalam tubuh. Serta menghasilkan eritropoetin, yaitu hormon yang berfungsi dalam pembentukan sel darah merah.

Fungsi lain dari ginjal adalah menghasilkan renin, yaitu enzim yang membantu mengatur tekanan darah. Juga menghasilkan senyawa aktif dari vitamin D untuk menjaga kesehatan tulang.

Ketika fungsi ginjal terganggu, zat sisa limbah tubuh dan cairan yang menumpuk di dalam tubuh akan menyebabkan gejala berupa pembengkakan pada pergelangan kaki, mual, muntah, lemas, dan sesak napas.

Baca Juga: Hasil Penelitian: Pare Efektif Jadi Obat Diabetes dan Hentikan Sel Kanker Payudara

Penyakit ginjal dapat dipicu oleh kondisi lainnya, misalnya karena diabetes dan tekanan darah tinggi.