Find Us On Social Media :

Tidak Semua Makanan Bisa Dipanaskan di Microwave, Ini Bahayanya

Tidak semua makanan dan minuman beserta wadahnya dapat dipanaskan di microwave.

GridHEALTH.id - Microwave memang cocok untuk kita yang sibuk sehingga tidak punya waktu banyak untuk menyiapkan bahan-bahan dan memasak setiap hari.

Baca Juga: Menghangatkan Makanan di Microwave Bisa Sebabkan Kanker? Ini Faktanya

Sebabnya, sebagai peralatan masak, microwave menawarkan kepraktisan bagi penggunanya di dapur. Jika lapar dan malas masak, kita tinggal memanaskan makanan sisa kemarin, dan kurang dari lima menit, makanan siap untuk disantap.

Belum lagi makanan-makanan yang dibuat khusus untuk microwave seperti popcorn, pasta, beras, bahkan mi instan yang juga bisa dimasak di microwave.

Namun, kita juga perlu mewaspadai penggunaannya. Selain menyedot daya listrik yang lumayan besar, perlu diketahui ada makanan atau benda-benda lain yang apabila dipanaskan dengan microwave akan berakibat fatal. Contohnya, microwave bisa meledak yang kemudian menimbulkan kebakaran.

Dilansir dari dekoruma.com, berikut beberapa benda yang tidak boleh dimasukkan ke dalam microwave, mulai wadah makanan hingga makanan/minuman itu sendiri.

Baca Juga: Pekik Tangisnya Pecah, Lady Rocker Ini Berkali-kali Mohon Dipulangkan ke Indonesia Setelah Jalani Operasi Lutut Akibat Tendangan Sang Suami: 'Lutut Gue Hancur'

1. Makanan di dalam alumunium foil. Untuk oven biasa, aluminium foil memang menjadi alat bantu yang berguna, tapi jangan sekali-kali digunakan dalam microwave.

Gelombang mikro microwave yang bertemu dengan unsur logam pada aluminium foil akan menimbulkan percikan api. Apabila membesar dan terkena ke sambungan listrik, hal ini bisa menimbulkan kebakaran yang besar.