Find Us On Social Media :

Orang Dewasa Juga Bisa Kekurangan Gizi, Ini Tanda-tandanya

Tanda kurang gizi antara lain tubuh sering merasa lelah dan tak bertenaga.

 

GridHEALTH.id - Kekurangan gizi  (malnutrisi) merupakan gangguan kesehatan serius yang  terjadi ketika tubuh tidak mendapat asupan nutrisi yang cukup. Padahal, nutrisi dibutuhkan oleh tubuh untuk dapat menjalankan fungsinya dengan baik.

Baca Juga: Ini Alasannya Mengapa Malnutrisi Sampai Diperangi Seluruh Bangsa di Dunia, Bisa Berdampak Hingga Dewasa

Kekurangan gizi bisa dialami oleh siapa saja, mulai dari anak-anak, orang dewasa, hingga lansia. Untuk mengetahui apakah tubuhmu mengalami kekurangan gizi atau tidak, kita dapat berkonsultasi ke dokter gizi.

Dokter akan menghitung indeks massa tubuh dan melakukan pemeriksaan lain yang diperlukan untuk mengetahui status gizi.

Setelah itu, dokter akan memberikan pengaturan pola makan yang sehat, sesuai dengan kondisi kita.

Namun seringkali tanda tubuh mengalami kekurangan gizi pada tahap awal tidak terlalu jelas, sehingga banyak orang tidak menyadari bahwa tubuhnya mulai kekurangan gizi.

Saat tubuh kekurangan gizi, ada beberapa tanda yang dapat muncul seperti penurunan berat badan, mudah lelah dan tak bertenaga, kulit dan rambut kering, mudah kedinginan, kehilangan selera makan serta perubahan mood yang cepat.

Baca Juga: Pulang Liburan dari Luar Negeri, Wanita Ini Temukan Lubang-Lubang Kecil di Lengan Penuh Hewan Menggelikan Bersarang

Kekurangan gizi dapat terjadi ketika kita tidak menjalani pola makan yang sehat. Selain itu,  bisa juga disebabkan oleh kondisi kesehatan yang membuat tubuh tidak bisa menyerap nutrisi dari makanan dengan baik, atau membuat kita tidak nafsu makan.