Find Us On Social Media :

Osteoporosis Ternyata Mulai Menyerang Kaum Muda, Kenali Penyebabnya

 

GridHEALTH.id - Banyak orang berpikir bahwa osteoporosis terjadi secara alami dan tidak bisa dihindari karena merupakan bagian dari penuaan. Padahal tidak demikian. Semua orang, dari segala usia bisa berisiko terkena osteoporosis.

Baca Juga: Benarkah Wanita Lebih Rentan Terkena Osteoporosis? Begini Menurut Ahli

Untuk diketahui, osteoporosis atau biasa dikenal dengan pengeroposan tulang, adalah kondisi saat kepadatan tulang menurun akibat hilangnya massa tulang yang berkelanjutan, sehingga membuat tulang jadi rapuh dan mudah patah.

Kebanyakan orang yang mengalami osteoporosis tidak menyadari gejala penyakit ini. Umumnya mereka baru akan menyadari adanya tanda-tanda saat muncul nyeri di bagian punggung bawah, nyeri leher, postur tubuh bungkuk, menurunnya tinggi badan secara bertahap, dan lebih sering mengalami cedera atau keretakan tulang. 

Di usia muda, latar belakang munculnya osteoporosis bisa karena berbagai sebab, antara lain;

1.Kondisi medis akibat penyakit tertentu, misalnya penyakit celiac, penyakit radang usus, penyakit ginjal atau penyakit hati, kanker, lupus dan radang sendi.

Baca Juga: Vitiligo Tak Surutkan Langkah Winnie Harlow Jadi Top Model Dunia

2. Mengonsumsi obat tertentu dalam jangka panjang. Misalnya obat minum kortikosteroid atau disuntikkan, seperti prednison dan kortison, mengganggu proses pembentukan tulang. Biasanya, obat tersebut digunakan untuk mengobati asma dan artritis (radang sendi).

Selain itu, penyebab osteoporosis lainnya juga sering dikaitkan akibat dampak dari pengobatan penyakit tertentu seperti kanker, kejang, dan epilepsi.