Find Us On Social Media :

Olahraga Teratur, Cara Mencegah Osteoporosis Sejak Masih Muda

Lompat tali, olahraga yang tergolong aman, namun ampuh melawan pengeroposan dini tulang.

GridHEALTH.idOsteoporosis atau biasa dikenal dengan pengeroposan tulang, adalah kondisi saat kepadatan tulang menurun akibat hilangnya massa tulang yang berkelanjutan, sehingga membuat tulang jadi rapuh dan mudah patah.

Baca Juga: Osteoporosis Ternyata Mulai Menyerang Kaum Muda, Kenali Penyebabnya

Kebanyakan orang yang mengalami osteoporosis tidak menyadari gejala penyakit ini. Umumnya mereka baru akan menyadari adanya tanda-tanda saat muncul nyeri di bagian punggung bawah, nyeri leher, postur tubuh bungkuk, menurunnya tinggi badan secara bertahap, dan lebih sering mengalami cedera atau keretakan tulang.

 

Osteporosis sejatinya bisa dicegah sejak dini dengan melakukan berbagai hal. Dikutip dari International Osteoporosis Foundation, berikut aktivitas untuk menunda datangnya osteoporosis;

1. Olahraga teratur

 

Dari banyaknya olahraga, olahraga yang paling sering berbenturan langsung dengan tanah atau lantai amat baik buat tulang.

Olahraga seperti berlari, lompat tali, trampolin, sepak bola, dan sekadar jalan kaki juga dapat membantu menguatkan tulang sehingga tulang tidak mudah keropos. 

Selain itu, olahraga bola voli, bola basket, aerobik high impact, dan olahraga lain sejenis juga baik bagi tulang.

Baca Juga: Seorang Wanita Alami Gangguan Jantung Setelah Mengonsumsi Wasabi yang Dikiranya Alpukat

Melansir Time, menurut ahli olahraga dari Lehman College, Amerika Serikat, latihan angkat beban juga bisa melawan semua kerugian yang kemungkinan dialami tulang dan defisit postural.