Find Us On Social Media :

Ibu Hamil Perlu Memeriksakan Mata Saat Hamil Agar Terhindar Hal Ini

Kesehatan mata saat hamil.

GridHEALTH.id– Para ibu hamil, ingatkah kapan terakhir memeriksakan kesehatan mata ke dokter? Atau, justru belum pernah memeriksakannya? Meski kita tak memiliki keluhan, ternyata tetap perlu memeriksakan mata ke dokter secara teratur.

Baca Juga: 5 Gejala Penyakit Mata Umum Terjadi Pada Anak, Orangtua Perlu Waspada

Prevent Blindness, organisasi yang memerangi kebutaan di Amerika Serikat, lewat studinya menyatakan bahwa perempuan lebih berisiko mengalami gangguan penglihatan dan kebutaan dibandingkan lelaki.

Jenis gangguan penglihatan yang kerap dialami perempuan di Amerika Serikat adalah katarak, glukoma, dan degenerasi makular (kerusakan sel-sel khusus dalam makula retina yang biasanya mendeteksi cahaya dan warna untuk memberi kita fokus penglihatan yang tajam).

Menurut Prevent Blindness pula, risiko dari berbagai gangguan penglihatan tersebut, umumnya dapat dihindari dengan deteksi dini dan pengobatan rutin.

Baca Juga: Menjadi Korban Pernikahan di Bawah Umur dan Sempat 4 Kali Keguguran, Begini Kisah Maryanti Menggugat Negara

Kesehatan mata sering kali tidak dianggap berharga oleh kita hingga merasakan gangguan penglihatan. Untuk itu, kami ingin mendorong perempuan menjaga kesehatan mata seumur hidupnya dengan membuat jadwal pemeriksaan mata hari ini!” ucap Sherry Williams, Presiden & CEO Prevent Blindness.

Lalu, bagaimana dengan kondisi di Indonesia? “Dari seluruh penduduk Indonesia, yang terbanyak mengalami kebutaan adalah perempuan.