Find Us On Social Media :

Berita Kesehatan Popular: Dipecat Dari Keanggotan IDI Sekarang Jadi Dokter Utama Wiranto, Hingga Ditinggal Ibu Karena Miningitis Cucu Dewi Yull Berprestasi

Cucu Dewi Yull yang berprestasi dan dokter Terawan penemu metode cuci otak

GridHEALTH.id – Setelah menemukan metode cuci otak yang kontroversial bagi para tenaga medis, dr Terawan diberhentikan dari keanggotaan Ikatan Dokter Indonesia (IDI).

Seperti pernah diberitakan Kompas TV, saat itu dokter Terawan Agus Putranto diberhentikan lantaran dianggap melakukan pelanggaran kode etik kedokteran Indonesia.

Baca Juga: Selalu Tampil Garang, Najwa Shihab Kehilangan Anak Perempuan Akibat Ketuban Bocor Hingga Dirawat Selama 4 Bulan

"Pelanggaran kode etik itu yang pasti kami tidak boleh mengiklankan, tidak boleh memuji diri, itu bagian yang ada di peraturan etik. Juga tidak boleh bertentangan dengan sumpah doker," ujar Ketua Majelis Kehormatan Etik Kedokteran (MKEK) Ikatan Dokter Indonesia (IDI) ketika itu, Prijo Sidipratomo.

Selain diberhentikan sementara, rekomendasi izin praktik dokter Terawan juga dicabut.

Diketahui, dokter Terawan ssaat itu memang dikenal sebagai orang yang mengenalkan metode "cuci otak" untuk mengatasi penyakit stroke.

Terapi "cuci otak" yang dilakukan dengan Digital Substracion Angiography (DSA) ini diklaim bisa menghilangkan penyumbatan otak yang menjadi penyebab stroke.

Baca Juga: Sempat Jadi Bagian Keluarga Soekarno, Artis Berusia Lebih Setengah Abad Ini Tetap Awet Muda Bak Gadis Akibat Sering Konsumsi 3 Makanan Ini

Tapi terapi "cuci otak" tersebut dinilai belum melalui uji klinik dan belum terbukti secara ilmiah dapat mencegah atau mengobati stroke.

Terlepas dari kontoversinya itu, dokter Terawan tetap dipercaya untuk menagani Menko Polkuham Wiranto yang terkena dua luka tusuk dari seorang pria tidak dikenal saat kunjungannya ke Pandeglang, Banten.

Luka tusuk yang dialami Wiranto pun cukup parah hingga tembus sampai lapisan peritoneumnya.

Sementara itu Putri kesayangan Dewi Yull dan Ray Sahetapy, Giska yang meninggal sejak 11 Juni 2010 silam.