Find Us On Social Media :

Catat, Ini dia Tanda-tanda Ibu Hamil Cukup Gizi!

Tanda kehamilan sehat salah satunya peningkatan berat badan ibu dan janin.

GridHEALTH.id - Seiring dengan pertumbuhan janin yang semakin pesat, kebutuhan gizi ibu hamil pun ikut meningkat.

Baca Juga: Waspada, Orang Gemuk Ternyata Bisa Kekurangan Gizi

Sejak pertengahan trimester 2, seorang ibu hamil sudah disarankan menambah asupan 300 kalori per hari untuk memenuhi Angka Kecukupan Gizi (AKG) ibu hamil di trimester 3.

Artinya, bila sebelumnya AKG adalah 1.800 kalori per hari, maka perlu ditambah menjadi 2.100 kalori per hari. Penambahan tersebut bisa didapat melalui camilan sehat yang dikonsumsi dua kali sehari, seperti buah atau bubur kacang hijau.

Bila gizi terpenuhi dengan baik, di trimester 3 idealnya berat badan ibu hamil meningkat sekitar 350—450 g per minggu atau 1,2—1,8 kg per bulan.

Bila berdasarkan Indeks Massa Tubuh (IMT) dengan rumus IMT : BB (kg) / TB (m)2, ibu hamil dengan indeks < 18,5 (kurus) diharapkan mengalami kenaikan berat badan sebanyak 500 g per minggu.

Untuk indeks 18,5—24,9 (normal) diharapkan naik 400 g per minggu. Untuk yang lebih dari itu, kenaikan berat badan sebaiknya 300 g per minggu.

Baca Juga: Tergeletak Lemah Tak Berdaya dan Berbau Busuk, Gadis Ini Nekat Gugurkan Kandungannya di Dalam Mesjid

Sayangnya, masih banyak ibu hamil dan lingkungannya yang salah kaprah dengan menganggap, semakin banyak makan, maka gizi ibu hamil akan bertambah banyak. Padahal, faktor kualitas makanan juga tak kalah penting dalam pemenuhan gizi kala hamil.