Find Us On Social Media :

Banyak Faktor Munculkan Kolesterol Tinggi, Ini Daftar Penyebabnya

Kondisi lain yang dapat meningkatkan kadar kolesterol adalah faktor genetik yang diturunkan dalam keluarga.

GridHEALTH.id - Sebenarnya kolesterol dibutuhkan oleh tubuh untuk membantu membangun sel-sel baru agar tubuh bisa tetap berfungsi secara normal.

Baca Juga: Hati-hati, Siapapun Berisiko Derita Kolesterol, Ini Tips Ampuh Menurunkannya

Selain itu, kolesterol juga membantu tubuh memproduksi vitamin D, sejumlah hormon, dan asam empedu untuk mencerna lemak.

Namun, jika kolesterol sudah tinggi kadarnya,  hal ini jadi berbalik membahayakan kesehatan. Banyak faktor yang dapat menyebabkan kolesterol tinggi, salah satunya adalah gaya hidup.

Dilansir dari Mayo Clinic, berikut ini adalah hal-hal yang dikategorikan dapat memicu peningkatan kadar kolesterol jahat (LDL) dalam darah:

1. Kebiasaan makan yang buruk

Sering makan makanan yang mengandung asam lemak jenuh dan lemak trans dapat meningkatkan kadar kolesterol.

Seringnya, orang kurus merasa aman saat makan makanan ini karena mereka merasa berat badannya normal. Akhirnya, mereka makan sesukanya dan tidak membatasi berbagai jenis makanan yang masuk ke tubuhnya.

Baca Juga: Mahasiswa S2 Dapat Karangan Bunga 'Dari Istri yang Kau Goda Suaminya' Saat Wisuda, Peneliti Sebut Pelakor Rawan Penyakit Jantung

Walaupun kurus, penting bagi  untuk tetap memerhatikan jenis makanan yang dimakan. Pastikan agar selalu makan makanan yang bergizi.