Find Us On Social Media :

Chair Yoga, Gerakan Yoga Paling Aman Untuk Penderita Osteoporosis

Yoga dengan duduk di kursi yang dilakukan oleh Lock&Lock dan Bayer dalam rangka Hari Osteoporosis Dunia

GridHEALTH.id - Osteoporosis adalah kondisi tulang yang rapuh dan mudah patah karena terjadi penurunan kepadatan tulang. Hal ini disebabkan oleh kurangnya kalsium dan vitamin D dalam tulang. Kekurangan ini bisa disebabkan oleh berbagai faktor, seperti usia dan gaya hidup.

Baca Juga: Cegah Osteoporosis, Asupan Kalsium Harus Memadai Sejak Usia Muda

Selain itu, wanita adalah pihak yang lebih rentan terkena osteoporosis karena saat mengalami menopause, kemampuan tubuh akan berkurang untuk menyerap kalsium karena sudah tidak menghasilkan hormon esterogen.

Osteoporosis dapat dicegah sejak dini di antaranya dengan mengurangi kebiasaan merokok serta konsumsi minuman bersoda, kopi dan alkohol, serta makanan tinggi natrium (misalnya keripik atau makanan yang berpengawet), dan menjaga berat badan proporsional.

Kita juga perlu mencukupi kebutuhan kalsium dan vitamin D sehari-hari serta rutin berolahrag, Salah satu olahraga terbaik yang dilakukan untuk pencegahan osteoporosis adalah dengan gerakan yoga.

Astrid Amalia, Instruktur Yoga dan juga penulis buku “Tetap Sehat dengan Yoga” mengungkapkan, “Gerakan-gerakan yoga dapat menguatkan tulang dan otot dengan cara yang sangat aman bagi siapa pn, baik untuk pencegahan ataupun yang sudah terkena osteoporosis.

Yoga dapat meningkatkan keseimbangan bagi tubuh sehingga tubuh menjadi kuat dan tidak mudah goyah,” katanya dalam talkshow ‘Cegah Osteoporosis Sejak Dini Dengan Yoga’ yang dilaksanakan oleh Bayer bersama Lock&Lock pada Rabu, 16 Oktober 2019, di kawasan Jakarta Selatan.

Baca Juga: Angka Diabetes Meningkat di Periode Sebelumnya, Apa yang Akan Dilakukan Jokowi Setelah Dilantik ?

Astrid menambahkan, cukup dengan  30 menit melakukan gerakan-gerakan yoga yang kita sudah mencegah bisa osteoporosis. "Yoga itu pelan dan dia itu memijat diri kita sendiri," lanjut Astrid.