Find Us On Social Media :

Menteri Kesehatan Dokter Terawan Diperintah Presiden Jokowi Segera Selesaikan Pekerjaan Rumah Ini, Apa Saja?

Menteri Kesehatan, Mayjen TNI dokter Terawan Agus Putranto.

GridHEALTH.id - Mayjen TNI Dr dr Terawan Agus Putranto, SpRad(K) telah melakukan serah terima jabatan sebagai Menteri Kesehatan dari pendahulunya, Dr dr Nila Moeloek, SpM(K),  pada Kamis (24/10/2019).

Baca Juga: Jokowi Resmi Dilantik Jadi Presiden Untuk Jabatan Kedua, Janji Berikan Anggaran Besar Untuk Bidang Kesehatan

Kepada wartawan usai pelantikan sebagai Menteri Kesehatan, dr Terawan mengaku diminta Presiden Jokowi untuk menyelesaikan beberapa masalah di sektor kesehatan Indonesia.

"Prioritas, harus sesuai dengan visi bapak presiden, yaitu semua hal yang bisa mendukung memajukan SDM dan itu kalau di bidang kesehatan ya masalah stunting, BPJS, masalah pelayanan preventif dan promotif, itu yang harus dimajukan dan banyak hal yang sekiranya bisa mendukung visi SDM bisa tercapai," katanya seusai seremoni, seperti dikutip dari Kompas.com.

Dikatakan Terawan, pencapaian luar biasa sudah dilakukan Nila Moeloek sebagai Menkes, dengan berhasil menurunkan angka stunting dari 37,2% pada 2013, menjadi 30,8%di tahun 2018.

Untuk itu, Terawan mengaku akan melanjutkan program yang dilakukan oleh Nila Moeloek untuk mencapai target stunting, sesuai anjuran WHO.

Asal tahu saja, Indonesia adalah negara dengan beban anak stunting tertinggi ke-2 di Kawasan Asia Tenggara dan ke-5 di dunia.

Baca Juga: Komedian Pepeng Meninggal Akibat Penyakit Autoimun Multiple Sclerosis, Penyakit yang Belum Ada Obatnya

Pengentasan stunting sebenarnya sudah masuk dalam RPJMN 2020-2024 pemerintah. Sebab kerugian yang timbul akibat stunting bukan hanya terjadi di sektor kesehatan, tapi juga ekonomi.