Find Us On Social Media :

Jika Otot Kaki Tiba-tiba Lemah Waspada Penyakit Autoimun GBS yang Bisa Membuat Lumpuh, Bisa Dikarenakan Flu atau Infeksi Perut

Makanan untuk cegah kram otot

GridHEALTH.id - Penyakit autoimun yang mengerikan dan datangnya mengagetkan, salah satunya adalah Sindrom Guillain-Barre (GBS).

Baca Juga: Penyakit Seribu Wajah Banyak Menyerang Wanita, Sering Membuat Dokter Frustasi

Penyakit ini sistem imun yang menyerang sistem saraf periferal tubuh sendiri.

Karenanya otot penderitanya mendadak lemah, hingga bisa mengalami kelumpuhan.

Baca Juga: Trauma Pergoki KD Berduaan dengan Raul Lemos di Bali, Aurel Hermansyah Janji Akan Mutilasi Sang Ayah Jika Ikutan Selingkuh: 'Besok Kita Makan Sosis'

Asal tahu saja, penyakit ini bisa menyerang siapa saja baik itu pria maupun wanita di segala usia, namun umumnya mereka yang berusia diatas 30 tahun.

Penting diketahui, dilansir dari MedlinePlus, penyakit GBS biasanya terjadi setelah ada infeksi, misalnya flu, radang paru, atau infeksi perut.

Tapi bisa juga oleh virus Epstein-Barr, infeksi Campylobacter, yakni infeksi bakteri yang terdapat pada produk unggas yang dimasak kurang matang.

Baca Juga: Bawah Putih Mampu Atasi Bakteri Campylobacter Salah Satu Pemicu Penyakit Sindrom Guillain-Barre

Selain itu, GBS juga bisa terjadi bersamaan dengan AIDS, herpes simpleks, mononukleosis, lupus, penyakit Hodgkin, serta bisa terjadi seusai operasi.

Gejala awal yang muncul berupa otot kaki menjadi lemah yang terus menyebar ke bagian tubuh atas termasuk tangan.

Dalam beberapa kasus kelumpuhan bisa terjadi pada tahap awal ini.

Penderita akan merasa kesemutan, nyeri kaki, dan tangan seperti ditusuk-tusuk, serta otot tangan dan kaki yang semakin melemah bahkan sulit untuk menggenggam sesuatu.