Find Us On Social Media :

Ibunda Nirina Zubir Meniggal Saat Tidur, Penyebabnya Menurut Medis Bisa Karena 5 Hal Berikut dan Individu Seperti Ini Berisiko

Nirina Zubir dan ibunda

GridHEALTH.id - Nirina Zubir mengatakan, saat Senin malam adiknya ngobrol dengan sang bunda.  bercerita, pada Senin malam adiknya sempat berbicara sedikit dengan sang ibu.

Namun, ketika Nirina bangun tidur hendak bersiap untuk bekerja, adik bungsunya mengatakan ibu mereka sudah terbujur kaku.

Baca Juga: Nyeri Kerap Datang Tak Boleh Diremehkan, Bisa Saja Akibat Penyakit Ini

"Terus pagi saya bangun mau persiapan ada kerjaan tiba-tiba adik saya bilang, 'Nina, bantuin Dede bangunin mama, yuk'. Kayaknya mama enggak bisa dibangunin, ya, dari semalam posisinya masih sama aja," tutur Nirina. 

Nirina terkejut menemukan ibunya sudah tak bernyawa.

Menurut beberapa sumber yang dihimpun GridHEALTH.id, penyebab meninggal saat tidur memang jarang sekali diketahui secara rinci.

Menurut beberapa hali penyababnya bisa saja karena salah satu dari lima hal berikut ini, yaitu:

Baca Juga: Tak Sadar Bisa Bikin Manohara Kena Infeksi Menular Seksual Akibat Paksa Berhubungan Intim Saat Menstruasi, Pangeran Kelantan Tengku Fakhry Malah Didepak dari Kerajaan

1. Sleep apnea

Sleep apnea terjadi ketika seseorang berhenti bernapas selama beberapa kali dalam tidurnya. Biasanya orang yang menderita sleep apnea akan berhenti bernapas selama sekitar sepuluh detik. Hal ini bisa berulang hingga lima kali dalam satu jam selama seseorang tertidur.

Jika gangguan ini terus bertambah parah, tubuh bisa gagal menarik napas lagi setelah tertahan dan mengakibatkan terhentinya sistem pernapasan. Hal ini bisa berujung pada kematian.

Baca Juga: Ditaksir Nilai Gizinya Lebih Rendah dari ASI, Penelitian Terbaru Sebut Komponen dalam Susu Formula Ini Sebanding dengan ASI

Beberapa faktor risiko gangguan tidur apnea adalah obesitas, gagal jantung, dan berbagai penyakit jantung.

Gangguan ini bisa dideteksi, salah satunya adalah dengan mengamati gejalanya seperti rasa lelah di pagi hari dan mengantuk sepanjang hari meskipun sudah tidur cukup lama.

Selain itu, biasanya pasangan atau saudara yang tidur di kamar yang sama akan mendengar suara dengkuran si penderita saat tidur.