Find Us On Social Media :

6 Makanan Ini Bisa Sebabkan Keputihan pada Wanita, Mengandung Ragi Salah Satunya

Makanan yang mengandung ragi, seperti halnya roti, bisa sebabkan keputihan pada wanita.

GridHEALTH.id - Keputihan momok bagi semua wanita. Padahal keputihan itu hadir untuk tujuan yang baik, lo.

Untuk diketahui, keputihan sebenarnya adalah reaksi alami tubuh sebagai pembersih vagina alami, untuk menghindari virus dan bakteri.

Baca Juga: Utang BPJS ke Rumah Sakit Menggunung Bikin Pelayanan Ke Pasien Terseok-seok, Tapi Hebat, RSUD di Kota Kecil Ini Dinobatkan Jadi  RS Terbaik di Dunia !

Keputihan biasanya datang banyak 1 minggu sebelum haid, atau satu minggu setelah menstruasi.

Bagaimana cara mengetahui keputihan pada organ intim wanita masih bersifat fisiologis (normal), atau sudah patologis (tidak normal)?

Keputihan yang normal terlihat bening, putih agak keruh, atau kekuningan ketika sudah mengering di pakaian dalam.

Baca Juga: Diet Kekinian Milenial Enak juga Mudah Hasil Cepat untuk Langsing, Pisang Memiliki 4 Manfaat Kesehatan Mutlak

Dengan hadirnya keputihan artinya vagina sedang membersihkan diri secara teratur.

"Sangatlah normal untuk mengalami sekresi dari yang sangat sedikit hingga tak terlihat sampai satu sendok makan per hari," kata Leah Millheiser, MD, direktur program Pengobatan Seksual Wanita di Stanford University Medical Center kepada Refinery29.

Baca Juga: Bolehkah Makan Pedas di Saat Sahur? Ini Penjelasan Ahli

"Vagina adalah oven yang membersihkan diri sendiri. Sekresi berarti vagina sedang membersihkan diri dengan membuang sel-sel tua." paparnya.

Bahkan keputihan adalah sahabat wanita, karena bisa membantu mengenali ada atau tidaknya abnormalitas yang terjadi di dalam vagina.