Find Us On Social Media :

Cedera Tulang Ekor Lebih Sering Terjadi Pada Wanita Akibat Posisi Persalinan yang Salah

Cedera tulang ekor dapat terjadi akibat posisi persalinan yang salah

GridHEALTH.id - Mayoritas cedera tulang ekor terjadi pada wanita. Penyebabnya karena wanita memiliki tulang panggul yang luas sehingga memiliki posisi tulang ekor yang rawan saat terjatuh.

Baca Juga: Cedera Lebih Rentan Dialami Wanita Saat Kecelakaan, Akibat Kasih Sein Kiri Tapi Belok Kanan?

Penyebab utama cedera tulang ekor adalah posisi jatuh dengan posisi terduduk. Saat terjatuh dengan posisi ini, tulang ekor adalah bagian tulang yang akan menghempas terlebih dahulu ke tanah.

Selain itu, cedera olahraga menjadi penyebab lain dari cedera ini. Proses melahirkan yang salah juga bisa mengakibatkan cedera pada tulang ekor.

Dilansir dari WebMD, tulang ekor adalah tulang segitiga kecil dan membentuk tungkai bawah pada kolom tulang belakang.

Tulang ini sangat rentan terhadap cedera. Cedera yang terdapat pada tulang ekor kita ini dalam dunia medis dikenal dengan istilah coccydynia.

Cedera ini biasanya mengakibatkan memar, dislokasi, atau fraktur tulang ekor. Meskipun cedera ini tergolong lambat untuk disembuhkan, sebagian besar cedera ini dapat diatasi dengan pengobatan yang tepat.

Baca Juga: Bayinya Masih Kuning, Kartika Putri Tetap Jalankan Akikah, Begini Caranya Agar Bayi Kuning Cepat Sembuh

Gejala yang dimunculkan oleh cedera tulang ekor seperti nyeri pada area tulang ekor yang parah, atau nyeri pada titik tertentu tetapi masih dalam area tulang ekor.  Jika karena benturan bisa memunculkan memar.