Find Us On Social Media :

Paru-paru Bermasalah Bisa Terjadi Jika Muncul Gejala-gejala Ini

Darah yang keluar lewat batuk merupakan peringatan adanya masalah pada paru-paru atau saluran pernapasan bagian atas.

GridHEALTH.id - Paru paru merupakan organ yg sangat penting bagi kehidupan.Paru paru berfungsi melakukan pertukaran oksigen dengan karbon dioksida dari dalam tubuh manusia melalui jalan pernapasan.

Baca Juga: Waktunya Untuk Berhenti Merokok Karena Ini Penyebab Kanker Paru yang Paling Banyak Diidap Orang Indonesia

Organ pada sistem pernapasan ini berhubungan langsung dengan peredaran darah. Oleh karena itu, masalah pada paru-paru dapat berujung pada masalah besar dalam sistem metabolisme tubuh.

Oleh sebab itu, kita patut waspada terhadap beberapa tanda dan gejala yang muncul karena masalah pada paru-paru, baik ringan atau berat  karena bisa merupakan gejala awal  asma, atau bahkan kanker paru.

Mengetahui tanda ini dapat membantu mempercepat pengobatan sebelum penyakit semakin parah. Berikut tanda dan gejala paru-paru bermasalah seperti dikutip dari American Lung Association;

Baca Juga: Studi: Konsumsi Makanan Siap Saji di Indonesia Meningkat, 28% Kalori Orang Kota Berasal dari Junk Food

1. Batuk kronis

Batuk yang tergolong kronis merupakan batuk yang tak berhenti selama satu bulan atau lebih. Ini merupakan gejala awal yang memberi tahu bahwa terdapat masalah di dalam sistem pernapasan. Perlu diwaspadai jika batuk kronis ini disertai dahak, darah, atau demam.