Find Us On Social Media :

Studi: Makan Pisang Sejak MPASI Sampai 2 Tahun Mampu Turunkan Risiko Leukemia Pada Anak

Memberi pisang sejak MPASI hingga usia 2 tahun dapat menurunkan risiko leukemia pada anak.

Pisang (Musa paradisiaca), siapa tak kenal? Buah tropis sangat disukai di hampir semuan negara di kawasan Asia (tropis)ini menjadi buah penting di dunia. Tanaman ini berasal dari Asia Tenggara, suatu kawasan dengan keanekaragamannya yang sangat tinggi.

Baca Juga: Kulit Pisang Jangan Dibuang, Ternyata Ampuh Hilangkan Jerawat dan Kulit Kering di Wajah

Selain kandungan karbohidrat yang tinggi, pisang juga kaya akan vitamin (A, B1, B2, B6, dan C), serta mineral (potasium dan sodium) dengan kadar lemak rendah.

Vitamin A bermanfaat untuk kesehatan mata. Vitamin B1 (tiamin) berperan dalam reaksi-reaksi penghasil energi.

Vitamin B2 (riboflavin) dan B6 berperan penting dalam proses metabolisme tubuh. Kekuarangan riboflavin bisa menyebabkan gejala kulit rusak, saraf motorik terganggu, juga kelainan pada darah.

Sementara vitamin B12 merupakan vitamin yang sangat komplek molekulnya dan berperan dalam menjaga agar sel-sel tubuh kita berfungsi secara normal, terutama saluran pencernaan, sistem urat saraf, dan sumsum tulang.

Sedangkan vitamin C berfungsi sebagai antioksidan yang berperan dalam penangkapan senyawa radikal bebas penyebab penuaan serta munculnya sel-sel kanker.

Baca Juga: Hilang Sudah Kesempatan Pakai Duit Negara Untuk Foya-foya, Dewan Komisaris Putuskan Ari Askhara Tak Lagi Ada Jabatan Apapun di Garuda, Ini yang Perlu Dilakukannya Agar Tidak Stres Kehilangan Pekerjaan

Kalium yang dimiliki pisang dengan kadar tinggi (yakni 400 mg dalam 100 g pisang matang) merupakan salah satu mineral yang dapat membantu menurunkan tekanan darah.