Find Us On Social Media :

Suara Napas Bayi Seperti ada Lendir di Hidung dan Tenggorokannya, grook...grook... Berarti Mengalami Chestiness yang Penyebabnya Bisa Virus

Jika suara napas bayi grook..groook berarti ada yang tidak beres, kemungkinannya alergi

GridHEALTH.id –Suara napas bayi yang normal, tidak ada suara alias halus.

Biasanya bayi yang seperti itu, menjadi bayi tenang dan nyaman.

Sudah tentu napas bayi seperti itu tidak membuat orangtua pusing.

Baca Juga: Ciri Bayi Sudah Siap Memulai MPASI? Ketahui Strategi Pemberian yang Tepat Menurut Ukuran Si Kecil

Asal tahu saja, napas bayi yang terdengar seperti ada lendir di hidung dan tenggorokannya itu, tidak hanya membuat orangtua takut juga khawatir, si bayi pun akan merasa tidak nyaman.

Karenanya si bayi yang napasnya bunyi seperti itu kerap rewel dan sulit ditenangkan.

Kondisi napas bayi yang berbunyi grook..grook seperti itu, seperti ada lendir di hidung dan tenggorokan bayi, adalah sebuah kondisi medis yang dinamakan chestiness.

Baca Juga: Berita Kesehatan Popular: Bolehkah Bayi Makan Santan? Awas, Lobster dan Kepiting Salah Masak yang Memakannya Bisa Terkena Infeksi Cacing Pipih

Chestiness akan lebih menonjol bila ada riwayat alergi dalam keluarga. Misal, ayah atau ibu si bayi adalah penderita alergi.

Untuk itu, menurut dr. Darmawan BS SpA (K), yang berpraktik di RSIA Hermina Bekasi dan juga bekerja pada Divisi Restirologi, Departemen Ilmu Kesehatan Anak FKUI-RSCM, saat mendapati bayi kita mengalami chestiness, perlu ditelusuri adanya alergi dalam keluarga ayah dan ibu penderita, kalau perlu hingga ke nenek atau kakeknya.

Baca Juga : Tidur Sehat Matikan Lampu, Memang Ada Manfaatnya Bagi Kesehatan?