Find Us On Social Media :

Harta Benda Ludes, Hanyut dan Hilang Akibat Banjir, Psikiater Ingatkan Bahaya Depresi

Hilangnya harta benda akibat banjir rentan menimbulkan depresi bagi pemiliknya.

GridHEALTH.id – Bencana banjir di Jabodetabek pada awal tahun menyisakan duka yang cukup mendalam. Selain korban jiwa, yang tak kalah menyedihkan adalah korban harta benda.

Baca Juga: Akibat Mati Lampu Saat Banjir, Satu Keluarga di Pulo Gadung, Jakarta Timur Tewas Keracunan Genset, Sesak Napas Sampai Hilang Kesadaran Jadi Pertanda Maut Sudah Dekat

Lihatlah rumah yang terendam hingga atap rumah, dan  banyak kendaraan seperti mobil pribadi yang terseret derasnya arus.

Saat surut, keadaan pun menjadi lebih sulit karena posisi kendaraan yang tertumpuk, rusak, bahkan menyangkut di atas rumah atau pohon.

Tentu hal ini bisa menimbulkan stres bagi pemilik mobil. Terlebih bagi mereka yang masih mencicil mobilnya dan punya tunggakan lain, dan tetap harus mengeluarkan biaya lebih untuk memperbaiki kendaraannya.

"Contohnya punya mobil dengan kredit. Kalau asuransi okelah, kalau tidak tentunya harus bayar segala macam dan pengeluaran ekstra bagi mereka," kata Kepala Pusat Krisis Kementerian Kesehatan yang mengurusi pemulihan kejiwaan, Budi Sylvana, MARS, seperti dikutip detikcom, Kamis (2/1/2010).

Melihat keadaan mobilnya yang tertumpuk dan rusak, pemilik akan rentan mengalami trauma. Belum kondisi rumahnya yang mungkin juga rusak berat.

Baca Juga: Sangat Tidak Disarankan, Memompa ASI di Toilet Karena Ini Risikonya Bagi Ibu dan Bayi

Untuk itu Kementerian Kesehatan menyediakan trauma healing atau dukungan psikososial. Contohnya, dilakukan konseling secara berkala untuk pemulihan kesehatan jiwa korban.