Find Us On Social Media :

Sempat Dinyatakan Sembuh Dari Kanker Ternyata Tetap Merenggut Nyawa Ria Irawan, Dokter Jelaskan Mengapa Kanker Tak Bisa Sembuh 100%

Ria Irawan telah mengembuskan napas terakhirnya di Rumah Sakit Cipto Mangunkusumo, Jakarta Pusat, Senin (6/1/2020) pagi. Ia meninggal karena menderita kanker yang sempat hilang lalu muncul lagi.

GridHEALTH.id - Kanker pernah diderita Ria Irawan 2014 lalu dan sempat dinyatakan sembuh, sebelum akhirnya kembali menyerang dan memperparah kondisinya.

Baca Juga: Pagi Tadi Saat Adzan Subuh Berkumandang Ria Irawan Meninggal Dunia, Saat Kanker yang Dideritanya Kambuh

Bahkan pada Senin (06/01/20) wanita kuat dan tabah yang selalu membagikan perjuangannya melawan kanker lewat instagram ini harus menyerah dan kembali kepada Sang Khalik di saat adzan subuh berkumandang.

Bagi orang awam dan penyintas kanker, tentu timbul pertanyaan, mengapa kanker yang sudah dinayatakan sembuh, bisa muncul lagi? Bisakah kanker sembuh 100% alias sama sekali menghilang dari tubuh.

 

Menjawab pertanyaan ini, dokter Spesialis Hematologi Onkologi Dr. dr. Ikhwan Rinaldi, SpPD-KHOM, M.Epid, mengatakan secara umum kanker tidak bisa disembuhkan secara total.

Prosesur kemoterapi yang dijalani hanyalah mengurangi pertumbuhan sel kanker yang ada, dan tidak bisa seutuhnya hilang.

"Secara umum kanker tidak bisa sembuh, ketika dia jalani kemoterapi pun, bukan berarti tidak ada satu titik yang tidak ada lagi, bukan pasti hilang. Pasti ada satu titik ngumpet dimana, udah di CT nggak ada ngapain diobatin," ujar dr. Ikhwan di Hotel Raffles Jakarta Selatan, Rabu (13/11/2019), seperti dikutip dari Liputan 6.

Baca Juga: Melly Goeslaw Pantau Detak Jantung Ria Irawan Dari Tokyo Sampai Akhirnya Terima Kabar Duka, 'Sampai Ketemu di Surga Sahabatku Sayang'

Selebihnya, kanker terbentuk karena adanya perubahan kromosom atau gen di dalam sel yang tidak dikehui penyebab pastinya.