Find Us On Social Media :

4 Cara Merawat Bayi Prematur di Rumah, Perlu Ekstra Hati-hati

Suhu tubuh bayi prematur harus dalam keadaan hangat, untuk itu ibu dapat memeluknya dengan metode kanguru sesering mungkin.

GridHEALTH.id - Memiliki bayi prematur membutuhkan perawatan yang khusus, sehingga bayi yang terlahir prematur perlu dirawat di rumah sakit selama beberapa waktu.

Baca Juga: Terapi Kafein Pada Bayi Prematur Terbukti Bikin Organ Paru-paru Cepat Matang

Bila dirasa sudah siap, bayi prematur dapat pulang ke rumah. Setelah sampai di rumah, merawat bayi prematur harus lebih ekstra ketimbang bayi yang lahir cukup bulan karena kondisinya lebih rentan.

Agar bayi prematur tumbuh dengan baik, ada cara merawat yang tepat seperti yang disarankan dokter spesialis anak Rini Sekartini seperti yang dimuat di Tabloid Nakita;

1. Perhatikan suhu tubuh

Karena kondisi kesehatannya berbeda dengan bayi normal lain, bayi prematur atau berat lahir rendah lebih rentan untuk mengalami hipotermia, kondisi saat temperatur tubuh menurun drastis di bawah suhu normal (di bawah 35 derajat Celsius).

"Pertama, pastikan setelah memandikan, (tubuh) anak benar-benar kering. Segera selimuti untuk menjaga suhu tubuhnya," kata Rini.

Suhu tubuh bayi prematur harus dalam keadaan hangat, untuk itu ibu dapat memeluknya dengan metode kanguru sesering mungkin.

"Kedua, ibu juga dapat mempraktikkan Metode Kanguru, yaitu menghangatkan bayi baru lahir menggunakan suhu tubuh ibunya.

Baca Juga: Agar Tidak Keliru, Kenali Ciri Sakit Pinggang Karena Gangguan Ginjal

Selain menghangatkan tubuh anak, metode ini dipercaya meningkatkan berat badan bayi dengan cepat dan memperkuat ikatan antara ibu dan anak."