Find Us On Social Media :

8 Gangguan Kesehatan Warisan Ibu ke Anak, Bisa Diantisipasi Sejak Dini Untuk Memperkecil Risiko

Sejumlah gangguan kesehatan dapat diwariskan ibu kepada anaknya terkait genetik.

GridHEALTH.id - Orangtua tidak saja mewariskan harta, tetapi juga penyakit. Karena memang benar, ada beberapa penyakit tertentu yang disebabkan faktor genetik yang bisa kita alami tanpa kita sadari.

Baca Juga: Kanker Usus Besar Serang Usia Muda, Ini Gejala dan Cara Mencegah

Sejumlah masalah kesehatan yang disebabkan oleh faktor genetik ini bisa menurun dari ibu kepada anak.

Tak perlu menyalahkan orangtua, yang bisa kita lakukan, dengan mengetahui sejarah genetika yang kita warisi, paling tidak kita bisa mengantisipasi meskipun kecil kemungkinan menghindari. 

Justru dengan mengetahui faktor risiko dalam silsilah keluarga maka munculnya penyakit itu bisa juga diperkecil risikonya dengan gaya hidup yang lebih sehat.

Dilansir dan Times of India dan Live Science, berikut sejumlah gangguan kesehatan yang diwariskan ibu kepada anaknya;

Baca Juga: Bikin Gemuk, Hindari Melakukan 7 Kebiasaan Ini Setelah Makan

1. Penyakit jantung

Jika seorang ibu mengalami serangan jantung, peluang anaknya untuk megalami masalah ini meningkat hingga 20%. Penelitian dari Oxford University menunjukkan bahwa peluang anak mengalami stroke juga meningkat jika ibunya mengalami masalah ini.

Diwariskannya masalah ini terjadi karena penyakit vaskular yang diturunkan mempengaruhi arteri koroner di jantung serta arteri serebral di otak. Oleh karena itu, hal ini dapat meningkatkan peluang sejumlah penyakit ini pada seseorang yang ibunya pernah mengalami masalah ini.