Find Us On Social Media :

8 Tanda di Tubuh Awal Adanya Gangguan Jantung, Mohon Waspadai

Sering merasa lelah dan kerap pusing bisa menjadi tanda awal serangan jantung.

GridHEALTH.idSerangan jantung merupakan salah satu penyakit yang dapat membahayakan jiwa kita. Hal ini tidak hanya dialami oleh mereka yang berusia lanjut usia, namun juga terdapat pada anak muda.

Baca Juga: Aritmia, Gangguan Irama Jantung yang Jarang Disadari Gejalanya, Padahal Bisa Berujung Maut

Serangan jantung juga bisa datang kapan saja, di mana saja, dan pada siapa saja. Serangan jantung umumnya diawali dengan nyeri di area dada. Namun, nyeri dada ternyata bukan satu-satunya gejala serangan jantung .

Dikutip dari Webmd.com, ada beberapa gejala lain yang ternyata juga merupakan gejala serangan jantung. Sayangnya, karena gejalanya mirip penyakit lain, banyak yang menganggapnya hal sepele.

 Jika sudah begitu, pasien umumnya sulit untuk ditolong. Agar hal itu tidak terjadi, sebaiknya kita mengetahui gelaja serangan jantung lain selain nyeri dada;

1. Kelelahan

Serangan jantung sering ditandai dengan mudah lelah namun tanpa alasan yang jelas. Biasanya tanda ini muncul sebulan sebelum serangan jantung.

Menurut seorang kardiolog di Northwell Health Amerika Serikat, Dr. Stacey E. Rosen, MD, bisa jadi rasa lelah yang dirasakan adalah salah satu gejala penyakit jantung. Gejala ini banyak terjadi pada pasien perempuan.

Selama serangan jantung terjadi, aliran darah ke jantung menurun, sehingga otot jantung mengalami ketegangan ekstra yang akan membuat kita kelelahan.

Baca Juga: Pemerintah China Akui Kremasi Semua Jasad Korban Virus Corona

Untuk memastikannya, kita bisa berkonsultasi ke dokter dan melakukan tes aktivitas jantung dengan Elektrokardiogram (EKG).