Find Us On Social Media :

Tes Pegangan Tangan Sederhana Dapat Tunjukkan Risiko Demensia

Universitas North Dakota di Amerika Serikat mengembangkan tes pegangan tangan untuk mengukur risiko demensia.

GridHEALTH.id -  Secara umum, demensia akan menyerang mereka yang berusia tua karena sel otak yang telah usang kehilangan kemampuannya. Demensia secara singkat adalah gangguan daya ingat jangka pendek yang menyerang manusia.

Baca Juga: Cegah Sejak Dini, Ini Sejumlah Cara Untuk Menurunkan Risiko Demensia

Selain karena usia, demensia juga bisa disebabkan karena pola hidup yang tidak sehat seperti kebiasaan merokok, konsumsi minuman beralkohol, hingga stres. Gaya hidup menjadi faktor penting terhadap hal ini.

Demensia disebabkan oleh kerusakan otak - dan itu mempengaruhi sekitar 50 juta orang di dunia.  Kondisi ini, yang terkadang merupakan akibat dari penyakit Alzheimer, cenderung datang dengan gejala-gejala yang membingungkan.

Kehilangan ingatan, kesulitan berkomunikasi, sulit berkonsentrasi dan perubahan suasana hati adalah di antara efek samping yang didaftar oleh National Health Service.

 

Dokter menggunakan berbagai macam sebelum membuat diagnosis, dari tes kemampuan mental hingga pemindaian otak.

Menurut sebuah studi di AS baru-baru ini, kita juga dapat melakukan tes sederhana untuk melihat apakah kita bisa rentan terhadap kondisi tersebut.

Baca Juga: Studi : Berat Badan Lebih Banyak Turun dengan Tidur Daripada ke Gym

Sebuah penelitian di Universitas Negeri North Dakota menunjukkan bahwa kurangnya kekuatan genggaman tangan bisa menjadi tanda awal masalah kognitif.