Find Us On Social Media :

Cegah Sejak Dini, Ini Sejumlah Cara Untuk Menurunkan Risiko Demensia

By Soesanti Harini Hartono, Minggu, 12 Januari 2020 | 18:30 WIB

Cegah demensia sejak dini dengan melakukan pola hidup sehat.

 

GridHEALTH.id - Demensia secara singkat adalah gangguan daya ingat jangka pendek yang menyerang manusia.

Baca Juga: Belum Banyak Diketahui, Silent Stroke Minim Gejala Tapi Picu Demensia

Secara umum, demensia akan menyerang mereka yang berusia tua karena sel otak yang telah usang kehilangan kemampuannya.

Selain karena usia, demensia juga bisa disebabkan karena pola hidup yang tidak sehat seperti kebiasaan merokok, konsumsi minuman beralkohol, hingga stres. Gaya hidup menjadi faktor penting terhadap hal ini.

Untuk menurunkan risiko demensia ini, penting melakukan perubahan gaya hidup. Dilansir dari Medical Daily, berikut sejumlah cara untuk menurunkan risiko demensia.

1. Perhatikan pola makan

Pola makan yang tepat bisa menjadi cara terbaik untuk mengurunkan risiko demensia. Kita disarankan untuk mengonsumsi buah, sayur, ikan, biji-bijian, minyak zaitun serta sejumlah makanan sehat lain.

Kurangi konsumsi makanan olahan, gula, produks olahan susu, serta daging merah. Jenis makanan ini bisa meningkatkan kesehatan otak serta menurunkan risiko demensia.

Baca Juga: Masa Kecil Sering Di-bully, Ini Kisah Kelam Rizky Febian yang Bisa Berdampak Hingga Dewasa

2. Lakukan interaksi sosial

Seseorang yang banyak menghabiskan waktu bersama teman dan keluarga memiliki risiko demensia yang lebih rendah.

Penelitian menunjukkan bahwa perasaan kesepian dan terasing bisa meningkatkan penurunan kognitif hingga 26%.