Find Us On Social Media :

Pasien Kanker Butuh Makanan Ini Agar Penyakitnya Tidak Bertambah Parah

Pasien kanker butuh makanan yang seimbang namun tetap sehat.

GridHEALTH.id - Esther Lin, seorang ahli gizi senior dari National University Hospital dan National University Cancer Institute Singapura mengungkapkan terkait pilihan makanan pasien kanker.

Baca Juga: 5 Khasiat Kapulaga, Mulai Obati Hipertensi Hingga Penghalau Kanker

Makanan ini salah satunya menjaga berat badan yang sehat. Namun, terkadang efek samping pengobatan kanker dapat menyebabkan seseorang makan lebih sedikit sehingga berat badan menurun.

Kehilangan berat badan tanpa olahraga bisa membuat kita lemah dan kurang gizi. Di sisi lain, beberapa perawatan pada pengidap kanker dapat menyebabkan penambahan berat badan.

Menurut ahli gizi Fiastuti Witjaksono, pengidap kanker perlu mendapatkan nutrisi penting yang termasuk protein, karbohidrat, lemak, dan air.

Kebutuhan nutrisi pada pasien kanker meliputi kebutuhan energi lebih dari kondisi yang tidak sakit 25-30 kal/kg berat badan.

"Hal tersebut untuk menjaga agar pasien tetap mempunyai berat badan normal dan menjaga agar tidak terjadi penurunan berat badan," ucap Fiastuti seperti dikutip dari Tempo.com.

Baca Juga: 11 Manfaat Rebung yang Ternyata Berdampak Luar Biasa Bagi Kesehatan

Pasien kanker juga butuh nutrisi spesifik seperti asam lemak esensial (EPA), asam amino rantai cabang (BCAA). Vitamin dan mineral juga dibutuhkan untuk kasus-kasus kesulitan makan.