Find Us On Social Media :

Jangan Remehkan Talas, Ternyata Sangat Baik Untuk Penderita Diabetes

Talas aman dikonsumsi penderita diabetes karena glikemik indeksnya sangat rendah.

GridHEALTH.id - Penderita diabetes harus hati-hati dalam memilih makanan agar kadar gulanya tetap terjaga dalam batas normal.

Baca Juga: Dituding Bisa Menimbulkan Gatal-gatal Ternyata Talas Sumber Karbohidrat Baik Bagi Penderita Diabetes, Indeks Glikemiknya Rendah

Sekarang, ada satu lagi pilihan hidangan yang aman untuk penderita diabetes, yaitu talas. Tak hanya rasanya yang lezat untuk disantap, ternyata manfaat talas bagi kesehatan begitu melimpah.

Hal ini berkat kandungan gizi di dalam talas yang menjadikannya sebagai salah satu makanan yang baik dikonsumsi sehari-hari untuk umum maupun untuk penderita diabetes.

Talas adalah jenis umbi-umbian yang banyak tumbuh di daratan Afrika, Amerika, dan Asia. Di Indonesia, tumbuhan yang bernama latin Colocasia esculenta ini merupakan tumbuhan yang dapat disulap menjadi beraneka ragam makanan bercita rasa lezat, misalnya bolu, keripik, kolak, bubble tea, hingga es campur.

 

Di dalam seporsi talas (sekitar 150 gram) yang sudah dimasak, kita bisa mendapatkan 150 - 200 kalori, dimana di dalamnya terkandung 5 – 7 gram serat, sekitar 4 gram protein, 150-170 mg kalsium, 450-600 mg kalsium, 30-50 magnesium, dan 60-70 mg fosfor.

Tak hanya itu, talas juga diperkaya antioksidan, karbohidrat kompleks, vitamin C, vitamin B, vitamin A, serta mineral zat besi dan tembaga.

Baca Juga: Takut Corona, Sandra Dewi Sempat Liburkan Anaknya Dari Sekolah

Aneka nutrisi pada talas tersebut menjadikan talas sebagai salah satu makanan yang berperan penting dalam memelihara kesehatan dan fungsi organ tubuh.