Find Us On Social Media :

Patah Tulang,  Ke Dokter Atau Ke Tukang Urut? Ini Jawabannya

Patah tulang sebaiknya dibawa ke dokter untuk mendapatkan penanganan lebih lanjut yang tepat.

GridHEALTH.id - Dalam menjalankan aktivitas sehari-hari, terkadang tanpa sengaja kita menghadapi risiko terjatuh yang berakibat tulang patah. Lalu apa yang harus kita lakukan?

Baca Juga: 9 Makanan yang Dapat Mencegah Tulang Keropos Dengan Diet Osteoporosis

Jika kita mengalami kejadian jatuh, pergilah ke dokter terlebih dahulu, akan ada tindakan awal misalnya di foto rontgen, kemudian dokter akan menyarankan suatu tindakan.

Demikian saran Matias Ibo, sport physiotherapist yang banyak menangani pemain sepak bola Indonesia yang cedera, seperti dikutip dari tulisannya "Pijat Tak Sembuhkan Cedera Malah Memperparah" (09/09/2013) di detikhealth.

Setelah itu, apapun tindakan dokter, harus persetujuan pasien, tindakan kedokteran tidak akan terjadi tanpa persetujuan pasien.

Pasien berhak menolak semua saran dokter. Tapi setidaknya si Pasien sudah Mendapatkan penjelasan yg benar dahulu sebelum pasien menjalani apapun tindakan untuk dirinya.

Namun mungkin bisa dilihat contoh ini, seorang pria terjatuh 3 bulan yang lalu dari sepeda motor, tidak ada luka namun ternyata mengalami fraktur distal fremur, yaitu patah kaki pada area lutut.

Baca Juga: Sisterhood Empowerment, Manfaat Punya Sahabat Baik Untuk Kesehatan

Pasien ini langsung membawakan diri berobat ke tukang urut, dan dijalani sampai sekarang, tidak ada perubahan.