Find Us On Social Media :

10 Alasan Di Balik Mengapa Pria Perlu Mengetahui Kadar Testosteron

By Soesanti Harini Hartono, Minggu, 23 Februari 2020 | 19:25 WIB

Pria perlu mengetahui kadar testosteronnya untuk menghindari dari gangguan seksual.

GridHEALTH.id - Testosteron merupakan hormon yang diproduksi secara alami oleh tubuh. Testosteron dikenal sebagai hormon pria (hormon androgen). Namun, tubuh wanita juga sebenarnya memproduksi hormon ini, meski dalam jumlah sedikit.

Baca Juga: Masih Suka Pria Nakal? Penelitian: 4 Hormon Inilah Yang Mampu Pikat Hati Wanita

 

Testosteron memiliki beberapa fungsi, di antaranya membantu perkembangan organ kelamin dan mengubah suara jadi lebih berat, membantu produksi sperma, menjaga kesuburan serta mempertahankan gairah seksual.

Fungsinya juga untuk mendorong pertumbuhan rambut pada wajah dan tubuh, membantu tubuh membakar lemak dengan lebih efektif, meningkatkan massa otot, membantu produksi sel darah merah serta memelihara kepadatan tulang dan diduga dapat menjaga kesehatan jantung.

Testosteron adalah hormon penting yang berperan dalam perkembangan seksual laki-laki-laki. Mengetahui tingkat testosteron dalam tubuh bisa membantu kaum pria mempersempit setiap gangguan seksual yang mungkin terjadi.

Menurut Men's Health, berikut alasan mengapa testosteron memegang peranan penting dalam kehidupan pria;

1. Pada pria, testosteron merupakan hormon seks utama yang mengontol produksi air mani di testis dan membantu perkembangan seksual secara keseluruhan.

2. Testosteron juga mengendalikan dorongan seks pada pria. Testosteron adalah alasan utama di balik energi seksual dan libido pada pria.

Baca Juga: 3 Hal Tak Disadari Penyebab Ketiak Jadi Hitam, Ini Solusinya

3. Kadar testosteron pada pria meningkat selama masa pubertas, karena semua organ seks mulai berkembang.