Find Us On Social Media :

Studi: Wanita Diabetes Aman Menggunakan Kontrasepsi Hormonal

Wanita diabetes aman menggunakan kontrasepsi hormonal untuk mengatur kehamilan.

GridHEALTH.id - Stroke dan serangan jantung jarang terjadi pada wanita dengan diabetes yang menggunakan kontrasepsi hormonal, dengan pilihan teraman adalah alat kontrasepsi (IUD) dan implan di bawah kulit. Demikian penelitian terbaru yang diungkap University of California Davis Health System.

Studi ini, salah satu yang pertama untuk mengevaluasi kontrasepsi hormonal dan hasil kesehatan pada wanita dengan kondisi kronis, harus mendorong dokter untuk memasukkan implan dan IUD dalam diskusi pengendalian kelahiran dengan pasien diabetes.

"Dokter perlu melampaui gagasan bahwa pengendalian kelahiran hanya berarti pil,” kata penulis senior studi Eleanor Bimla Schwarz, profesor kedokteran internal di UC Davis Health System, seperti dikutip dari Science Daily.

 "Ada pilihan yang aman dan efektif untuk semua wanita, termasuk mereka yang menderita diabetes."

Kontrol kelahiran yang mengandung estrogen, termasuk kontrasepsi oral, patch transdermal dan cincin vagina, mencegah kehamilan dengan menekan ovulasi.

Walaupun kontrasepsi efektif, metode ini meningkatkan risiko wanita untuk serangan jantung, stroke, dan pembekuan darah.

Baca Juga: Catat, 5 Hal Seputar Alat Kontrasepsi IUD Ini Ternyata Hanya Mitos!

Baca Juga: Belum Ada Obat Untuk Covid-19 , Tapi Banyak yang Sembuh, Ini Sebabnya

Dokter secara khusus enggan meresepkan kontrasepsi hormonal pada wanita penderita diabetes, karena orang dewasa dengan diabetes dua sampai empat kali lebih mungkin meninggal akibat penyakit jantung daripada orang dewasa yang tidak menderita diabetes.