Find Us On Social Media :

Ibu Menyusui Terpapar Infeksi Covid-19, Bagaimana Solusinya?

Menyusui dan memberikan ASI masih bisa dilakukan oleh pasie virus corona sepanjang memperhatikan kebersihan diri sebelum menyusui.

GridHEALTH.id - Berdasarkan informasi yang dilansir dari laman UNICEF, semua ibu yang terdampak dan berada di wilayah berisiko Covid-19, serta menunjukkan gejala demam, batuk, atau kesulitan bernapas, memang harus segera mencari bantuan medis dan mengikuti petunjuk dari petugas kesehatan.

Namun dengan pertimbangan bahwa menyusui dan ASI tidak memiliki peran signifikan dalam penyebaran virus pernapasan lain, seorang ibu dapat terus melanjutkan menyusui sambil melakukan semua tindakan pencegahan yang diperlukan.

 

Sebabnya sampai saat ini, belum ada penelitian atau laporan kasus yang menyatakan bahwa infeksi virus corona dapat menular lewat ASI.

Oleh karena itu, ibu menyusui yang terkena infeksi virus corona masih boleh memberikan ASI atau menyusui bayinya.

Meski demikian, risiko bayi tertular infeksi virus corona dari ibunya tetap ada. Penularan bisa terjadi ketika ibu menyusui yang terjangkit virus corona menyentuh bayinya dengan tangan yang belum dicuci, juga ketika ibu menyusui batuk atau bersin di dekat bayinya.

Untuk itu tindakan pencegahan yang dimaksud adalah memakai masker ketika berada di sekitar anak (termasuk ketika sedang menyusui).

Baca Juga: Cerita ParaTenaga Medis Rawat Pasien Covid-19, Tahan Pipis 10 Jam Hingga Tak Berani Perah ASI Padahal Payudara Sudah Perih

Baca Juga: Khawatir Narapidana Terinfeksi Virus Corona , Menkumham Putuskan Bebas Penjara

lLakukan dulu mencuci tangan sebelum dan sesudah melakukan kontak dengan anak (termasuk menyusui).