Find Us On Social Media :

Studi: Virus Corona Penyebab Covid-19 Sudah Ada di Dalam Manusia Bertahun-tahun Lalu

Studi memperkirakan, virus corona sudah ada dalam tubuh manusia bertahun-tahun sebelumnya namun belum skala pandemi seperti sekarang ini.

GridHEALTH.id - Dunia heboh dan ketakutan ketika virus corona penyebab Covid-19 merajalela ke segala penjuru, menyebabkan wabah pneumonia.

Kondisi ini mendorong para ilmuwan berlomba untuk menentukan dari mana virus corona, yang juga kerap disebut SARS-CoV-2 berasal.

Meskipun hampir semuanya belum mempunyai jawaban, kecuali berasal dari tempat penampungan hewan, sebuah analisis baru secara definitif telah meletakkan konspirasi yang mengklaim itu adalah penyakit yang dibuat di laboratorium.

Studi ini memunculkan beberapa kemungkinan menarik tentang asal mula virus corona generasi baru ini, setelah SARS dan MERS.

Salah satu skenario menunjukkan virus mungkin telah beredar, namun tidak berbahaya dalam populasi manusia selama beberapa waktu sebelum menjadi pandemi yang sekarang menghentikan dunia.

"Mungkin saja nenek moyang SARS-CoV-2 melompat ke manusia, memperoleh (fitur genomik baru) melalui adaptasi selama transmisi manusia ke manusia yang tidak terdeteksi," tulis tim dari AS, Inggris dan Australia dalam penelitian tersebut.

Baca Juga: Ibu Menyusui Terpapar Infeksi Covid-19, Bagaimana Solusinya?

Baca Juga: Jangan Remehkan Talas, Ternyata Sangat Baik Untuk Penderita Diabetes

 

"Setelah diperoleh, adaptasi ini akan memungkinkan pandemi lepas landas dan menghasilkan sekelompok kasus yang cukup besar."