Find Us On Social Media :

Indonesia Negara Terdampak Virus Corona, Kalau Menurut Dokter Paru Ini Seluruh Warga Seharusnya Dianggap ODP

Indonesia adalah negara terdampak sirus corona di Indonesia sehingga menurut seorang spesialis paru-paru, seluruh warganya harus dianggap ODP.

 

GridHEALTH.id - Seorang dokter spesialis paru-paru RSUP Persahabatan, Jakarta, Andika Chandra Putra menyatakan bahwa seluruh masyarakat Indonesia tergolong orang dalam pemantauan (ODP) virus corona (Covid-19).

Menurutnya semua orang yang berada di negara terdampak corona termasuk ODP. Ia meminta  masyarakat saat ini sangat perlu meningkatkan kewaspadaan terhadap penyebaran virus corona.

Ia bahkan dengan gamblang mengatakan bahwa tidak ada satu tempat pun yang bisa dikatakan 100% terbebas dari ancaman Covid-19. Tak ada yang bisa menjamin suatu tempat yang didatangi warga benar-benar terbebas dari Covid-19.

"Karena kita ini di negara terjangkit, maka kita semua ini ODP, sehingga perlu pemantauan," ucap Andika seperti dilansir dari Antara, Rabu (1/4).

 

 

Oleh karena itu, Andika meminta masyarakat agar mengurangi kegiatan di luar rumah. Tidak hanya yang sudah terinfeksi, tetapi juga seluruh masyarakat yang sejauh ini masih sehat. "Karena kita semua ini ODP," tegasnya.

Andika juga meminta masyarakat sebisa mungkin untuk tidak datang ke rumah sakit. Termasuk mereka yang mengalami sakit namun kondisinya tidak terlalu parah.

Baca Juga: Ikatan Dokter Indonesia (IDI) : 'Kami Tetap Melayani, Meski Dalam Sebulan 12 Anggota Kami Jadi Korban'

Baca Juga: Sinar Matahari Sehat Bagi Tubuh, Begini Cara Menikmatinya yang Aman

"Kecuali kalau dia demam tinggi atau batuknya bertambah sering atau frekuensi napasnya lebih dari 25 kali, itu harus segera ke rumah sakit," katanya.